Cara Mudah Melimit IDM Di MikroTik Layer 7 By Content Header

Sengaja tulisan ini saya revisi.. karena pada versi tulisan yang awal, teman-teman sudah bisa mencari referensi di situs lain, sudah banyak blog ataupun situs yang membahas tentang limitasi bandwidth pd mikrotik berdasarkan filtering by extensi. Nah.. sebagai alternative, disini saya coba membagikan tips melimit bandwidth menggunakan MikroTik by Content Header dan akan kita terapkan pada pengguna/pendownload yang menggunakan Intenet Download Manager. Saya rasa kita langsung saja ya..? kebanyakan ngetik selain capek, point-nya gak segera didapat. heheheheee.. Oke.. pertama siapkan dulu Mikrotik dan Winbox-nya.. saya disini tidak mengurai bagaimana seting mikrotik sedari awal. disini saya hanya langsung mengurai pembahasan pada limitasi b/w-nya saja. yuk simak dengan baik baris script MikroTik-nya, copas terlebih dahulu ke notepad++, lalu sesuaikan jika ada konfig di dst/src address yg tidak sesuai dgn punya teman-teman.. oke. yuk simak code-codenya seperti dibawah ini :

limit internet download manager

Untuk bagian Firewall Filter :
;;; Tangkap-Header-IDM
chain=forward action=add-src-to-address-list src-address-list=!all_local address-list=idm_detector address-list-timeout=5m content=HTTP/1.1 206 Partial Content

*dibagian src-address-list adalah all_local, yang mana ip dari all_local ini yaitu ip local network di jaringan tempat saya. (perhatikan tanda !)

Untuk bagian Firewall Mangle :
;;; IDM-packet
chain=postrouting action=mark-packet new-packet-mark=Packet_IDM passthrough=no src-address-list=idm_detector

Yepp... untuk bagian Queue, disini teman-teman bebas menggunakan metode Simple Queue ataupun Queue Tree.. pilih salah satu saja dan atur berapa jatah b/w-nya. Setelah teman-teman membuat manajemen limitasi-nya di Queue, silahkan dicoba mendownload apa saja menggunakan downloader IDM. Jika sukses terlimit, berarti anda berhasil.. jika tidak berhasil.. silahkan tinggalkan komentar-nya.
Ok.. demikian tehnik simpel untuk melimit trafik downloader IDM. Selamat mencoba.

Baca juga artikel menarik untuk melimit koneksi video streaming all in one di mikrotik :

http://www.koentji.blogspot.com/2015/04/limit-bandwidth-general-video-streaming.html

3 comments