Customisasi Splashscreen Photoshop

Bingung juga artikel ini mau ditaruh dlm kategori apa, akhirnya bikin kategori asal-asalan deh, Kebetulan pas bulan ramadhan, siang hari lagi nganggur sengaja oprek-oprek buat kustom splashscreenya photoshop biar tampil lain dari pada yang lain. (berlaku untuk ps versi apapun. versi yang pernah saya oprek versi 7 keatas.:D). Langsung aja lah ya..?!

Saya anggap anda sudah membuka resource hacker. lalu..

1. Buka file PSArt.dll. pathnya > C:\Program Files\Adobe\Adobe Photoshop CS4 (saya pake PS CS4,sesuain sama versi ps yang anda pake)

2. Pilih > PNGF > SPLASHARTBACKGROUND.PNG > 1033. jika anda klik 1033,maka akan terlihat gambar splashcreen ps yg masih default. seperti gambar dibawah ini..



3. Lalu klik kanan 1033 dan pilih menu Save [PNGF] Resource ... lihat gambar dibawah ini :



4. Setelah itu akan muncul kotak dialog, berikan nama splashscreennya lalu bubuhi dengan ekstensi .PNG (saya save di My Document,agar mudah pencariannya... :P). lihat contoh gambar dibawah ini..


5. Nah... sekarang anda sudah menyimpan gambar splashscreen bawaan photoshop yg masih default. sekarang anda tinggal mempermak sesuai keinginan anda menggunakan photoshop atau yg lain. tp ada hal yg harus diperhatikan, untuk ukuran image jangan dirubah. lebih baik tetap mempertahankan ukuran standart. dan disini saya tidak akan membahas bagaimana cara memodifikasi splashscreennya. kreatifitas ada ditangan anda sendiri.

Nah.. jika anda sudah menyelesaikan editing splashscreen, mari kita lanjut ke langkah berikutnya. :D

6. Sekarang buka lagi resource hacker, dan sama.. tetapkan pilihan pada > PNGF > SPLASHARTBACKGROUND.PNG > 1033.
lalu klik kanan 1033 dan pilih menu > "Replace Resource ..." dan akan keluar kotak seperti gambar dibawah ..



dan setelah itu klik saja button "Open file with new resource" dan akan keluar lg box dialog, lalu cari saja file splashscreen photoshop yg sudah anda edit. pilih filenya dan klik tombol Open.
setelah gambar sudah kita masukkan, ada 3 kotak yang perlu kita berikan nama, berikan nama sesuai pada contoh gambar yg sudah saya garisi dibawah ini..





setelah anda beri nama pada masing-masing kotak, anda klik saja tombol "Replace". maka splashscreen photoshop anda yg masih default akan berganti menjadi splashscreen yg sudah anda edit. lihat gambar dibawah ini ...



setelah itu, anda sudah bisa men-Save dan Exit dari resource hacker... done.

Nah.. setelah proses pengerjaan diatas, sekarang anda sudah bisa mencoba untuk membuka photoshop anda. dan abrakadabbraaaa.... splashscreen anda sudah berganti.. yuhhuuuu...



Hints:
~ Usahakan untuk tidak membuka photoshop disaat mereplace splashscreen hasil modifikasi anda.
~ Meski anda lupa membackup file .dll yg kita modif, anda tidak perlu khawatir.. karena resource hacker otomatis menyimpan file backup nya dengan nama "nama_file_original.jenis extensi". jd jk anda ingin mengganti ke setting yang asli, anda tinggal merestore-nya dengan hanya me-rename dan menghilangkan tulisan "original". apapun file yg anda modif, file backup akan menjadi "blablabla_original.jenis extensi". semoga anda memahami.. selamat mengoprek jaya... :D

Oh ya... jika ada yang ingin ditanyakan,, monggo silahkan bertanya. pertanyaan dari anda sebisa mungkin saya jawab sesuai kapasitas saya. :D

0 comments