Cara Membuat USB boot Mavericks dengan Clover [UEFI & Legacy Bios]


Saya jujur baru kali ini menggunakan clover, bingung nih.. sebenarnya mulai pertama rilis, saya pingin banget nyoba, tapi gak tau kenapa kok masih nyaman menggunakan chameleon bootloader.
akhirnya baru kali ini berkesempatan mencoba menggunakan clover bootloader.
Namun meski komputer saya bisa dikatakan komputer jadul, menggunakan clover bootloader seperti menjadi satu idaman hati, karena setelah melihat fitur yang dimiliki oleh clover bootloader ini lebih menjanjikan daripada chameleon bootloader.
memang jika dinilai dari kemudahan, chameleon bootloader terasa lebih mudah pengoprasiannya dibanding clover bootloader. namun dari sisi konfigurasi, clover lebih banyak mempunyai fitur fitur istimewa. seperti patching sistem, patch dsdt secara langsung dan lain sebagainya.
sehingga untuk saat ini, bootloader terbaru ini sangat digemari oleh kalangan penyuka hackintosh dari dalam negeri maupun dari luar negeri.
baiklah.. saya rasa tidak perlu panjang lebar lagi.. mari kita ikuti alur pembuatannya secara seksama dibawah ini :

Pertama kebutuhan yang harus dipersiapkan adalah :

  1. Komputer yang sudah terinstall Os X versi apa saja.

  2. Usb flashdisk minimal 8giga.

  3. Download OSX Mavericks 10.9.2 disini. [Gratis, asal harus punya akun apple id terlebih dahulu untuk mendownloadnya].

  4. Download Clover Bootloader disini. [pas tulisan ini saya tulis, versi yg saya download v2636].

  5. Komputer Intel minimal dualcore keatas.

  6. Ram minimal 2Giga.

  7. VGA yang di support oleh Mac. [di googling aja type vga yang support]

Step Pertama :

Masukkan flashdisk sebagai media instalasi, lalu buka applikasi Disk Utility.
nanti akan terlihat seperti ini :



Pilih usb flashdisknya, lalu pilih menu tab Partition, dan format menjadi 1partisi, menu-nya ada di Partition Layout. pada menu Option pilih GUID Partition Table. pd bagian Name, beri nama Cloverboot. dan pada bagian Format, pilih Mac OS Extended (Journaled). lalu pencet tombol Apply. lalu disk utility akan membuat satu partisi pada flashdisk. tunggu sampai selesai lalu tutup aplikasi disk utility-nya.Buka terminal, lalu copast command dibawah ini :
diskutil list

nanti pada terminal akan terlihat seperti ini kurang atau lebihnya :


disini yang perlu dicatat yaitu partisi Efi pada flashdisk yang akan dijadikan media instalasi. pada tiap partisi punya identifier sendiri-sendiri.
pada contoh digambar ini, identifier partisi pd flashdisk saya yaitu /dev/disk3, sedangkan untuk identifier Efi partisi-nya yaitu disk3s1. sesuaikan dengan identifier pada flashdisk punya anda. setelah diketahui identifier untuk partisi Efi flashdisk saya, maka akan saya ketik command sebagai berikut :
format command-nya :  
sudo newfs_msdos -v EFI -F 32 /dev/rdiskXsX
ganti tanda X sesuai identifier pd partisi Efi di flashdisk anda. untuk punya saya, maka akan saya ketik seperti berikut..
sudo newfs_msdos -v EFI -F 32 /dev/rdisk3s1
masukkan password, dan tunggu sampai proses selesai seperti gambar dibawah ini :


Step Kedua :

Extract clover yang sudah di download tadi, lalu buka dengan mendouble kliknya. nanti akan keluar tampilan seperti ini :


Lalu klik Continue > Continue, sampai tertampil menu seperti dibawah ini :


Klik Change Install Location, lalu pilih USB Flashdisk yang tadi sudah kita format dengan nama "Cloverboot". dan klik Continue.
Setelah itu pilih menu Customize. dan pilih opsi-opsi yang sesuai dengan kebutuhan,termasuk theme.
Untuk Legacy Bios :

Untuk UEFI Bios :


Konfigurasi Clover :
Setelah proses instalasi clover selesai, buka Finder. nanti akan terlihat partisi dengan nama EFI yg sudah mounting. gambar contoh :



dan langsung buka saja drive EFI tersebut, lalu copast beberapa file berikut pada folder sesuai pada gambar yang saya cantumkan dibawah ini sebagai referensi :


  • Copast file HFSPlus-64.efi ke folder sesuai pd gambar diatas

  • Copast file dsdt.aml ataupun ssdt.aml ke folder /EFI/EFI/CLOVER/ACPI/patched. [file ini relative, karena konfigurasi dsdt/ssdt tiap motherboard beda, jd sesuaikan dengan dsdt pada motherboard anda].

  • Copast file FakeSMC.kext dan kext-kext yang lain ke folder sesuai pada gambar. [sesuaikan dan tempatkan pada folder yang match dengan versi Os X yang sudah terinstall di flashdisk].

Untuk file-file diatas, anda bisa mendownloadnya disini.
Setelah selesai, saatnya untuk mengkonfigurasi bootconfignya dengan bantuan Clover Configurator, download dulu file-nya disini, lalu install dan buka aplikasinya.


Untuk panduan bagaimana konfigurasi config.bootplist melalui Configurator ini, silahkan merujuk ke Clover Wiki untuk lebih lanjut.

Step Ketiga :
Saya asumsikan anda sudah selesai mendownload setup Mavericks dari appstore, dan nanti file ini secara default akan tersimpan di folder /Application.
Jika anda mendownload dari situs selain appstore, pastikan file setup Mavericks ini utuh dalam arti Retail. dan anda bisa menyalinnya ke folder /Application. seperti ini icon default OSX Mavericks :


Setelah sudah dipastikan file setup Os X Mavericks berada pada folder /Application, kini saatnya membuat instalasinya ke flashdisk yang sudah terinstall Clover tadi, cara pembuatannya yaitu buka aplikasi terminal di /Application/Utilities/Terminal, setelah terbuka, copy command berikut, lalu paste ke terminal, command-nya sbb:

sudo /Applications/Install\ OS\ X\ Mavericks.app/Contents/Resources/createinstallmedia --volume /Volumes/Cloverboot/ --applicationpath /Applications/Install\ OS\ X\ Mavericks.app --nointeraction

Setelah di paste ke terminal, tekan tombol Enter, dan masukkan password-nya. dan tunggu proses pembuatan-nya sampai selesai. seperti ini tampilan jika proses pembuatannya selesai.


Dari tahap ini, usb flashdisk sudah siap kita gunakan sebagai media instalasi Os X Mavericks.
untuk setting kustomisasi, akan saya tulis di lain kesempatan.. :D

Metode pembuatan ini menggunakan metode Create install media pada file installer Os X Mavericks. kekurangannya kita tidak bisa mengcustomize isi dari file installer.
Agar anda bisa mengcostumize file installer dengan tujuan yg lebih jauh seperti mengganti kernel dan yang lain, anda lebih baik menggunakan metode Base System Restore pd post saya disini. jd pada step tiga pada panduan ini, anda gunakan metode Restore Base System.

Referensi :
  • www.insanelymac.com

  • Pengalaman Pribadi

0 comments