Cara Terbaru Embed File Doc di Blogspot

Maksud embed file doc yaitu file seperti pdf, xlsx dan sejenisnya pada blogger. tujuannya agar user/pembaca blog bisa langsung membaca file-nya tanpa harus mendownload.
Tapi jadi satu kendala, jika blogger ingin meng-embed file dokumen seperti yang sudah saya sebut diatas, tp di dalam fasilitas panel blog tidak disediakan.
akhirnya harus browsing kesana kemari untuk mencari solusi. agak seneng, eeeh.. setelah dicoba sudah tidak sesuai lagi. karena dalam panduan yang saya dapat, file documen yg saya upload ke google drive tidak saya temui menu embbed-nya.

Akhirnya gak ada yang bisa diandalkan lagi. ya udah.. jurus coba-coba binti spekulasi berlaku.. eeh, setelah mempelajari struktur url-nya, akhirnya berhasil juga oprek-nya.

Maka dari itu hasil pencarian itu saya tulis disini, siapa tahu teman-teman juga membutuhkan untuk meng-embed file dokumen ke blog secara langsung.. maka cara ini patut dicoba.
Pertama :
  1. Upload dulu file pdf atau docx atau xlsx ke googledrive
  2. Setelah selesai proses uploadnya, jangan lupa diset share, dan rubah agar orang lain bisa melihat file dokumen anda.
  3. Setelah itu, klik kanan.. pilih menu Share, dan copy url dokumen-nya.
google drive pic
Sampel gambar menu share

Lalu, saya contohkan url-nya semisal seperti ini :
https://drive.google.com/file/d/0B5CkjyLUo51OcWZPMjh1VUJiNGM/view?usp=sharing

Setelah didapat url-nya seperti contoh diatas, lalu hapus bagian yang saya beri tanda warna merah.
lalu jadikan menjadi seperti dibawah ini :
<iframe height="800" src="https://drive.google.com/file/d/0B5CkjyLUo51OcWZPMjh1VUJiNGM/preview" width="640"></iframe>

Warna merah adalah bagian tambahan agar nantinya jika baris diatas ditulis, maka nanti akan membuat file dokumen akan ter-embed didalam posting diblog kita.
Disitu kita juga bisa mengatur ukuran Height maupun weight-nya. jangan lupa, untuk menambahkan format kode embed, teman-teman harus masuk ke HTML mode.

Cara diatas berlaku jika teman-teman tidak menemukan menu embed pada googledrive sewaktu dokumen terbuka. jadi cara ini adalah cara alternative buat teman-teman yang tidak pernah menemukan menu embed pada googledrive.

Selamat Mencoba.

0 comments