Cara meningkatkan performa disk cache

Untuk mengetahui Cara meningkatkan performa disk cache tanpa bantuan software, yaitu kita bisa menerapkan dengan mengedit registry key windows.
Hal ini lumrah diterapkan pada komputer yang digunakan sebagai proxy server, agar disaat proses request cache dari klien bisa berjalan secara responsive.
cara ini bisa dikatakan sebagai cara alternative jika entah karena alasan tertentu kita masih malas untuk membeli harddisk dengan kecepatan read/write yang tinggi.
Namun, dengan melakukan cara ini, setidaknya harddisk tidak dalam kondisi lemah, dan komputer anda juga harus mempunyai RAM yang besar.

Cara meningkatkan performa disk cache

Karena proses dari cara untuk meningkatkan performa disk cache disini tidak menggunakan aplikasi pihak ketiga, jadi proses-nya cukup gampang untuk di ikuti.

Disini kita cukup dengan mengedit registry windows, tp sebelum mengedit-nya, pastikan untuk mem-backup terlebih dahulu registry komputer anda, agar jika terdapat kesalahan bisa memudahkan untuk kita restore ke kondisi semula.

Caranya yaitu :
  • Tekan dan tahan tombol "logo Windows" dan "R" pada keyboard, atau bisa pilih menu "Run" di start menu. 
  • Setelah itu akan muncuk kotak dialog, lalu ketik "Regedit" setelah itu tekan tombol Enter di keyboard 
regedit

Setelah itu akan muncul jendela regedit, lalu cari value berikut ini :

HKEY_LOCAL_MACHINE\SYSTEM\CurrentControlSet\Control\Session Manager\Memory Management
Lalu rubah nilai dword LargeSystemCache dari "0" ke angka "1"

registry editor

Setelah proses diatas selesai, untuk melihat hasil-nya, restart komputer anda untuk menerapkan seting yang baru saja kita buat diatas.

Ok, sekian dulu, semoga panduan kelas cupu ini bermanfaat bagi yang membutuhkan-nya. thanks..!

0 comments