Membuat File Instaler Untuk Mac OSX Like A Pro

Membuat File Instaler Untuk Mac OSX  Like A ProMungkin judulnya terlalu berlebihan.. "Membuat File Instaler (.PKG) Untuk Mac OSX  Like A Pro"
Sebetulnya saya sangat menyukai sistem operasi macintosh, meskipun sistem operasi ini saya pasang di komputer rakitan, namun jika konfigurasi-nya tepat dan hardware-nya mendukung, hasilnya pun sangat-sangat memuaskan.
Tapi disini saya tidak membahas bagaimana cara memasang sistem operasi apple tersebut pada komputer rakitan.
Disini saya ingin sedikit membagi pengalaman saya tentang cara membuat file installer untuk mac os.
extensi installer ini lebih dikenal dengan istilah ".pkg"
Bila dalam lingkup sistem operasi Windows, kita sangat familiar dengan istilah file installer dengan extensi .exe atau mungkin .msi, maka dalam lingkup sistem operasi macOS, file sejenis .exe atau .msi ini disebut dengan istilah .pkg.
Semua installer untuk aplikasi, codec, ataupun installer-installer yang lain pada macOS, selalu menggunakan jenis extensi .pkg ini. dan installer ini menurut saya hampir mirip seperti fungsi Winrar dalam mode sfx. namun kalau di winrar masih sangat sederhana. tapi jika saya amati.. prinsipnya hampir sama. sedangkan konfigurasi pembuatan file .pkg ini lebih banyak kustomisasi dibandingkan winrar dalam mode sfx tadi.

Pertanyaan-nya seberapa penting sih untuk kita agar bisa mengerti cara pembuatan installer ini..?
ya tergantung kebutuhan juga. jika anda sering sekali berbagi file dengan teman, tidak ada salah-nya untuk memahami proses pembuatan file package installer ini.
mengingat akan kemudahan-nya dan sifatnya lebih automated dan ringkas.
Dan menariknya, untuk bisa menguasai ini, anda tidak perlu memahami bahasa pemrograman. tapi pada tool ini juga disediakan fitur penambahan script sebagai penambah fitur proses automasi-nya, misalkan menggunakan bash scripting dan yang lain.

Dan bila anda ingin mempelajari-nya, saya sudah sediakan video panduan untuk anda lihat agar mudah dalam memahaminya. dan panduan dlm penggunaan aplikasi ini sangatlah mudah. anda yang tidak menguasai pemrograman pun sudah bisa membuat file installer untuk mac osx.
namun bila anda kebetulan juga menguasai scripting, minimal shell / bash scripting.. maka akan bisa menjadi nilai tambah untuk membuat installer semakin mempunyai daya guna yang lebih.
Jangan lupa untuk mendownload terlebih dahulu tool-nya dibawah ini :
Lalu lihat panduan-nya di video saya ini (maaf, karena memakai bahasa inggris yang kurang benar. hahahahaaa...)


Selamat Menikmati panduan cara Membuat Packages Installer untuk MacOSX. :D

0 comments