BitTorrent Browser - Google Chrome based

Seperti yang kita tahu, akhir-akhir ini persaingan internet browser semakin hari semakin bergairah. dimulai dari microsoft yang serius mengembangkan internet browser terbaru mereka untuk menggantikan Internet Explorer dengan Microsoft Edge, BitTorrent pun juga tak mau ketinggalan, pengembang aplikasi P2P ini juga tengah mengembangkan aplikasi internet browser yang mereka beri nama Project Maelstorm. meski pengembangan browser ini masih dalam tahap beta disaat artikel ini saya tulis, informasi adanya browser baru ini menggugah hati saya untuk mencoba seperti apa cita rasa browser buatan dari BitTorrent ini.

Akhir-akhir ini semenjak saya mempunyai usaha kecil-kecilan sewa internet, selalu membuat saya untuk mencari tahu browser apa yang paling pas untuk saya pasang di komputer client, meski saat ini saya masih setia terhadap Google Chrome dan Firefox ESR. akhirnya saya pun tetap mencoba browser besutan dari BitTorrent ini meski masih dalam tahap beta.

maelstrom browserNamun saya agak sedikit kecewa, disaat selesai mendownload browser ini dari situs resmi BitTorrent, saya coba pasang di komputer, proses instalasi tidak berjalan. saya disini hanya menggunakan windows xp dan OSX Yosemite. pun serba repot, untuk mencoba di osx pun pengembang dari BitTorrent ini pun untuk saat ini masih belum membuat browser ini untuk sistem operasi OSX. jadi untuk sementara masih belum bisa mencoba karena rencana-nya akan saya coba pasang di laptop istri saya,tapi untuk saat ini masih dipinjam si adik yang lagi mengerjakan soal sekolah.

Namun jika anda ingin mencoba browser besutan dari BitTorrent ini, anda bisa langsung untuk mencoba-nya, ukuran file hanya sekitar kurang dari 40mb.

tapi teman-teman jangan berharap bisa mendapatkan informasi detil mengenai browser ini, karena untuk saat ini pada situs resmi-nya tidak ada keterangan yang detil, dari keluarga apa browser ini.

tapi menurut analisa saya, browser ini dikembangkan dari varian browser google chrome, meskipun saya tidak bisa memasang browser ini dikomputer.. setelah iseng saya buka menggunakan aplikasi 7zip untuk meng-extrax, disitu terlihat terdapat file kompresi bernama chrome.7z seperti terlihat pada gambar yang sempat saya capture dibawah ini.
Dan setelah saya extract secara total menggunakan 7zip tadi, lalu saya coba install, ternyata memang benar dugaan saya bahwa browser Maelstorm ini berdasarkan engine dari google chrome (webkit).

Based on Google Chrome
Dan akhirnya browser ini bisa saya jalankan di komputer windows xp saya dengan metode meng-extract secara manual dengan 7zip.
webkit base google chrome
Google Chrome based
about maelstrom
Maelstorm

Dikarenakan berbasiskan dari engine browser google chrome, maka untuk interface dan layout setting-nya juga sama dengan google chrome. sama halnya dengan browser yang berbasiskan google chrome yang lainnya seperti Torch Browser atau yang lain.

dan juga karena masih dalam tahap beta, sepertinya masih belum ada fitur-fitur tambahan layaknya fitur-fitur yang dimiliki oleh Torch browser. jadi ditunggu saja seperti apa perkembangan dari browser Maelstrom ini.

Jika anda tertarik untuk mencoba, silahkan download pada link dibawah ini.

http://project-maelstrom.bittorrent.com/

0 comments