Memasang Facebook Page Plugin ke Blogspot

Sebetulnya saya sedikit bingung dengan pemasangan page plugin/widget dari facebook ini, karena pada awalnya rencana saya hanya mau memasang badge, tapi setelah melihat pemberitahuan terbaru dari facebook, tampaknya badge page udah diganti dengan nama Page Plugin.. otomatis cara pemasangan facebook page plugin ke blogspot juga berbeda, tidak sama dengan badge padge box yang terdahulu.
Nasib,, sudah gak begitu paham urusan soal html,css dan apalah itu namanya.. ada-ada saja niatan hati ini untuk mempermak blogspot. tapi emang rencana-nya pingin menggunakan model badge seperti ini daripada model floating pop-up yang menurut saya bikin painfull visitor.. heheheeee...

Tapi ya namanya coba-coba, setelah di resapi pelan-pelan anjuran dari facebook, akhirnya berhasil juga.
Untuk membuat Page plugin ini setidaknya sampean musti sudah mempunyai page di facebook terlebih dahulu. kalau masih belum mempunyai page facebook silahkan create terlebih dahulu ya..?

Cara-cara nya yaitu :

  • Login dulu ke Page Plugin 
  • Setelah itu masukkan url page fb sampean, dan paste di kotak yang sesuai dengan contoh gambar dibawah ini ya? centang bagian-bagian yg dirasa perlu.

page plugin config

  • Setelah itu tinggal klik tombol Get Code, dan akan keluar popup semacam ini, lalu copast script yang ada di kolom bagian atas,

get code pp
get code
  • Lalu masuk ke Dasboard > Template > Edit Html, dan cari tag </head> dan letakkan code yang sudah di copy diatas dibawah tah </head>. setelah itu tekan tombol save untuk menyimpan konfigurasi-nya. jika terdapat error, silahkan di konversi dulu agar tidak muncul peringatan error.
  • Setelah langkah penambahan kode di elemen template selesai, sekarang kembali lagi ke halaman facebook page plugin tadi, dan kini copy code di kolom kedua, lalu masukkan ke Layout > HTML/Javascript. atur saja posisinya sesuai selera.
  • Proses selesai, untuk hasil, sampean bisa lihat badge page plugin yang terpasang di blog ini.
 Ternyata sederhana sekali langkah-langkah-nya, dan demikan artikel tentang cara Memasang FB Page Plugin ke Blogspot.
Jika sampean selama mengikuti anjuran-anjuran diatas masih menemui kendala, silahkan tinggalkan komentar dibawah.

untuk opsi-opsi penulisan code, di page plugin sudah dijelaskan secara detil, dan nantinya sampean bisa meng-kustom code-nya yang ada di kolom bawah pada gambar get code diatas.

Mungkin anda tertarik dengan Metode cara memasang popup like facebook 

migrasi akun facebook personal menjadi facebook page

0 comments