Alternativ Seting Proxy di Google Chrome

Bagi teman-teman yang menyukai internet browser google chrome, pasti disaat menggunakan proxy akan sedikit merasa malas untuk mengkonfigurasi port proxy dan ip proxy nya. karena untuk men-seting port proxy tersebut harus masuk terlalu jauh, atau bisa juga dengan mensting proxy pada proxy option bawaan browser internet explorer, kebetulan google chrome ini seting proxy nya juga menjadi satu dengan bawaan seting proxy milik internet explorer.
Selain cara yang sudah saya sebut seperti diatas, opsi kedua user bisa menggunakan addon google chrome agar bisa memudahkan dalam menganti seting proxy-nya.
Tapi disini saya akan menjelaskan cara mengganti seting proxy tanpa bantuan add-on ataupun tanpa harus mengakses menu proxy setting.
bagi teman-teman yang belum mengetahui cara  ini, semoga artikel ini membantu anda.


setting proxy di browser google crhomeMetode ini dasarnya sama dengan artikel yang saya tulis beberapa minggu yang lalu tentang cara mengaktifkan mode incognito pada google chrome melalui shortcut.
pun artikel kali ini juga menggunakan metode yang sama, namun letak perbedaan-nya pada parameter-nya saja. mari kita bahas satu-persatu.


Memasang Proxy Server

Untuk mengaktifkan setting proxy pada google chrome, pastikan anda sudah meletakkan shortcut-nya pada desktop, dan seperti biasa, buka properties shortcut lalu isikan pada bagian kolom Target dan tambahkan parameter seperti dibawah ini dibagian baris paling akhir.
--proxy-server="127.0.0.1:8080"
Pada penerapan ditempat saya, hasil penambahan parameter diatas menjadi seperti ini :
"C:\Documents and Settings\Owner\Local Settings\Application Data\Google\Chrome SxS\Application\chrome.exe" --proxy-server="127.0.0.1:8080"

Maksud setingan diatas yaitu google chrome akan menggunakan proxy dengan nomor ip localhost (127.0.0.1) dan pada port 8080.
google-chrome-proxy-setting pics

Disable Proxy Server

--no-proxy-server
Untuk opsi-opsi yang lain, contoh parameter-nya seperti dibawah ini :
--proxy-auto-detect
--proxy-bypass-urls=<url taruh disini dan pisahkan dengan tanda koma>
--proxy-pac-url=<url> (insert your url instead of "<url>")
--no-proxy-user
--no-proxy-password
Untuk lebih jelas-nya, anda bisa merujuk pada sumber diskusi-nya di productforums.google.com

Selamat mencoba.

0 comments