Cara Mudah Membuat Backlink Di Situs Edu dan Gov

Pada dasar-nya, saya bukanlah seorang blogger handal, apalagi pakar SEO mumpuni. karena memang saya akui, baru kali ini saya mulai sering suka bermain blog dan menuliskan apa yang sedang saya geluti untuk saya tulis diblog sederhana ini. dengan tujuan agar bisa dibaca teman-teman yang mungkin hanya ingin mencari sedikit pengetahuan ataupun yang lain.
Mengenai masalah cara membuat backlink, jujur saja saya baru kali ini mulai mempelajari-nya. karena sebelum-sebelum-nya, saya hanya fokus menulis dan menulis artikel tanpa memperhatikan bagaimana meriset keyword yang tepat, apalagi memikirkan backlink.
Karena prinsip saya, jika artikel kita mempunyai konten yang bagus, meskipun kita tidak memperhatikan persoalan SEO pun, toh nantinya akan naik sendiri rate-nya di mata google. (anggapan yang bisa juga salah, bisa juga benar).

Dan pada akhirnya, jika teman-teman sudah mempunyai pandangan seperti saya diatas, misalnya dengan hanya cukup menulis artikel yang mempunyai konten yang bagus, namun trafik di situs/blog kita masih belum mengalami kenaikan, berarti masih ada yang perlu dibenahi lagi kan..?
Misalnya dari permasalahan sebagai berikut :
  • SEO On Page
  • SEO Off Page
Ternyata, setelah saya pelajari, selain hanya dengan menulis artikel yang mempunyai konten bagus, kedua faktor diatas juga sangat begitu penting untuk kita mengerti dan penuhi.
membuat backlink di situs edu dan govmisalnya seperti bagian SEO On Page, yang mana pada bagian ini lebih bertujuan untuk mengoptimalkan SEO dibagian web/blog kita sendiri. yang mana seo on page ini memfokuskan seperti seberapa cepat web/blog kita diakses oleh visitor, pemakaian meta tag dan sebagainya. lebih mudahnya bisa dikatakan opsi seo on page ini seperti orang yang mendekorasi toko agar bisa membuat toko atau rumahnya tampil semenarik mungkin,nyaman untuk para visitor agar mau berkunjung ke toko kita.

Sedangkan pada bagian SEO off page, yaitu bisa di ibaratkan sebagai usaha promosi ke dunia luar atau ke khalayak ramai, agar web/blog kita bisa diketahui oleh orang banyak.
maka dari itu, Seo on page dan Seo off page merupakan kebutuhan yang harus dipenuhi agar web/blog kita bisa lebih cepat mendapatkan trafik yang terus meningkat.
bayangkan saja,, jika kita sudah mendekorasi toko kita semenarik mungkin (seo on page), tapi kita sangat minim melakukan promosi (seo off page) agar banyak visitor datang ke toko kita, maka bisa dipastikan akan jarang pengunjung yang mengunjungi toko kita.
logika sederhana-nya kurang lebih seperti itu (mohon maaf jika ada salah, maklum blogger cupu.. hiks..hiks..).

Dan pada artikel kali ini, saya hanya ingin menulis tentang cara membuat backlink di situs edu atau gov, yang mana pada bagian ini merupakan substansi dari bagian Seo Off Page.
jujur saja, saya sendiri disini belum pernah melakukan riset, seberapa maksimalkah hasil dari pembuatan backlink pada situs yang menggunakan domain edu atau gov. karena kapasitas saya atau mungkin anda yang tidak mencukupi, akhirnya mau tidak mau kita seolah menuruti saja aturan-aturan seperti ini.
setidaknya kita nurut sama kata para ahli dibidang SEO. dari pada kita kebanyakan menyoal tapi tak pernah mempraktekkan. iya kan..?!
Dan yang jadi pertanyaan, kenapa harus membuat backlink ke situs-situs dengan domain edu atau gov?
sekali lagi saya hanya modal taklid buta, yang jelas, konon kata para pakar seo, domain edu atau gov ini lebih disukai oleh google.. tau disukai darimana-nya..? wong saya taklid buta kok.. disuruh ini atau itu ya nurut aja.. perkara nanti kejegur jurang ya salah kita sendiri, ngapain gak kritis..?! heuheuheuheuee...
membuat backlink dengan mudah

Okelah.. tanpa perlu panjang lebar lagi, cara ini merupakan cara aman, karena kita melakukan dengan cara manual (blog walking) dengan meninggalkan komentar dengan sedikit bumbu-bumbu anchor text pada konten komentar kita nanti, yang mana anchor text tersebut kita arahkan ke situs kita sendiri.
oke.. yuk kita mulai..

Apa yang perlu dipersiapkan?

  • Browser Google Chrome
  • MozBar extension lalu install pada browser google chrome

Langkah awal :

Buka browser google chrome, lalu bukalah situs google.com atau google.co.id, setelah terbuka salah satu search engine tersebut, tuliskan keyword dibawah ini.. coba satu persatu..
site:.edu "blog comments powered by disqus”site:.edu "comments powered by Disqus"site:.gov "blog comments powered by disqus”site:.gov "comments powered by Disqus"
atau bisa juga di kombinasikan dengan keyword seperti dibawah ini :
site:.edu "comments powered by Disqus" "keyword anda"
Dengan menambahkan keyword, maka akan memudahkan teman-teman dalam mencari web yang mempunyai niche yang sama dengan web teman-teman, sehingga lebih memudahkan kita untuk menguasai isi dari komentar yang nanti akan kita buat. sampel nya seperti dibawah ini :
cara mudah membuat backlink
hasil pencarian
Jangan lupa untuk mengaktifkan extensi MozBar, agar nanti bisa kita lihat indikator situs yang mempunyai nilai PA dan DA yang tinggi pada hasil pencarian google. seperti gambar diatas, saya memilih untuk membuka halaman situs di baris atas, saya anggap nilai PA/DA nya sudah bisa dikatakan tinggi.
dan pada pencarian diatas, saya menyertakan keyword "mac os x".
alamat situs diatas yaitu dibawah ini :
http://ged.msu.edu/angus/tutorials/using-ssh-scp-terminal-macosx.html
Sebagai contoh, mari kita buka halaman situs diatas, dan lalu geser kebawah sampai kita menemukan kotak komentar disqus. dan nanti kita dapatkan gambar yang kurang lebihnya seperti dibawah ini :
membuat backlink pada situs edu dan gov
terlihat kotak komentar disqus
Setelah itu coba anda mengerti konten pada artikel bersangkutan agar kita tahu akan menuliskan komentar seperti apa. jika isi pada artikel menggunakan bahasa inggris atau yang lain, silahkan translate terlebih dahulu menggunakan metode translate dengan cepat pada web dibawah ini :
Cara cepat translate website
Jangan lupa, jika anda belum terdaftar ke disqus, anda bisa mendaftar menggunakan google plus, facebook atau yang lain, anda bisa mengklik salah satu ikon dibawah tulisan sign in with.
setelah dirasa mengerti dengan isi dari artikel diatas, maka kita bisa meninggalkan komentar serta menyisipkan anchor text yang berisi keyword yang akan kita tuju pada link website kita. contohnya kurang lebih seperti dibawah ini (belajar pretending ke situs orang.. heuheuheuheuu....)

membuat backlink di disqus
komentar pretending
Ringkasan isi dari komentar yang harus anda isi kurang lebihnya seperti diatas.. untuk pembuatan anchor text, sampel patternnya seperti dibawah :
<a href="www.web/blog anda.com">target keyword anda</a>
jika dirasa sudah cukup, silahkan pencet tombol post as "nama anda" pada tombol komentar disqus. dan hasil penerapan diatas, seperti gambar dibawah ini :

post komentar backlink
hasil post komentar + anchor text
Dan akhirnya kita sudah bisa memberikan komentar disertai anchor text pada situs tersebut agar nanti bisa menjadi backlink ke situs kita. jika anchor text yang sudah kita buat nanti dihapus oleh pihak admin situs tersebut, ya anggap saja kita tidak beruntung. syukur-syukur pihak admin tidak begitu telaten untuk memanage komentar-komentar yang menyertakan anchor text yang sudah kita buat tadi, sehingga komentar dan anchor text tersebut terus tersimpan dan mudah di crawl oleh search engine, dan itu akan menjadi ke untungan untuk situs blog / web kita agar lebih cepat menapaki jalan popularitas.. hadeh...
Pada akhirnya, dengan cara sederhana tersebut, sedikitnya kita memahami proses pembuatan backlink dengan cara manual. dengan cara ini memang agak sedikit menyita waktu. namun bagi saya, cara seperti ini paling efektif daripada menggunakan metode menggunakan backlink generator yang ada di situs-situs online ataupun melalui aplikasi backlink generator.
saya sendiri pernah mencoba menggunakan beberapa aplikasi backlink generator, namun entah kenapa, setiap kali saya check berapa jumlah backlink yang mengarah ke blog saya menggunakan aplikasi backlink check, dan hasilnya tidak ada penambahan backlink-backlink baru.
entah ini karena kebodohan saya sendiri yang kurang mengerti cara penerapannya atau mungkin metode backlink generator ini memang benar-benar tidak berfungsi. saya sendiri malas untuk mencari tahu. jadi saya memilih menggunakan cara manual seperti ini, dan terkesan lebih manusiawi. sehingga terkesan lebih alami. saya juga mempersilahkan sanggahan teman-teman jika pendapat yang saya tuliskan diatas benar-benar salah, agar kita disini bisa belajar bersama tentang bagaimana cara efektif dalam membuat backlink.

Tambahan

Jika ingin membuat backlink pada situs-situs guestbook pada situs-situs berdomain edu atau gov, untuk cara pencarian pada search engine kurang lebih-nya seperti dibawah ini keyword yang perlu kita tulis :
site:.edu "Get your free guestbook service!!"site:.edu inurl:guestbook.htm "Powered by Bravenet"
Untuk langkah selanjutnya, teman-teman bisa mengembangkan sendiri. dan point penting disini yang perlu kita pegang adalah :
  • Kuasai konten dari artikel yang akan kita komentari
  • Tuliskan komentar sesuai dengan topik artikel (jangan spamming)
  • Sertakan anchor text pada komentar kita. (persoalan komentar kita dihapus atau tidak, kita tidak perlu memikirkan persoalan itu).
  • Lakukan ping ke situs blog kita, agar backlink yang sudah kita buat cepat ter-index oleh search engine, teman-teman bisa menggunakan online ping seperti pingfarm dan sejenis-nya.
  • Jangan lupakan juga selalu share artikel anda ke media social seperti facebook, google+, twitter atau ke media sosial yang lain.
Akhir kata, cukup sekian artikel tentang cara mudah membuat backlink ke situs edu dan gov. jika teman-teman mempunyai tips yang lebih bagus dan efisien, saya berharap agar bisa dibagi juga disini. saya akan mengucapkan banyak terima kasih jika ada yang mau berbagi disini.
Sekali lagi saya ucapkan terima kasih untuk teman-teman yang sudah meluangkan waktu untuk membaca artikel saya tentang :

Cara Mudah Membuat Backlink Di Situs Edu dan Gov

Dan baca juga alasan kita kenapa harus memilih google blogspot :

1 comments: