Cara Men-Disable CheckDisk Otomatis Di Windows

Beberapa hari ini saya tidak menulis artikel di blog ini, mudah-mudahan artikel kali ini bermanfaat bagi teman-teman semua.
Kali ini bahasan kita mengenai persoalan checkdisk yang berjalan otomatis pada sistem windows.. kejadian ini paling sering ditemui di windows xp, yang mana jika kondisi harddisk sudah pernah di check disk, namun aneh-nya setiap kali kita menghidupkan komputer kok selalu disuguhi layar pemberitahuan bahwa sistem akan melakukan checkdisk terlebih dahulu. contoh tampilan pemberitahuan tersebut seperti dibawah.

Jika kita merasa harddisk kita sudah tidak terdapat masalah, dan kita selalu mendapati tampilan seperti itu (komputer selalu melakukan checkdisk), berarti kita perlu mendisable-nya saja. karena kejadian seperti ini bisa saja terjadi karena ada kesalahan setting registry.
Namun teman-teman juga perlu memahami juga, jika memang kondisi harddisk sedang mengalami error, maka biarkan saja proses check disk itu berjalan hingga selesai.
tapi jika setelah itu windows selalu meminta melakukan aktifitas checkdisk otomatis, berarti kita perlu membypass-nya saja. karena proses checkdisk tersebut akan mengganggu anda,terlebih komputer yang akan digunakan tersebut merupakan komputer utama yang digunakan untuk pelayanan kepada publik, atau sebuah komputer billing pada warnet.. maka akan dibuat repot dengan kondisi seperti ini.

Disable CheckDisk Otomatis Di WindowsPada dasarnya, jika kita mendapati tempilan pemberitahuan checkdisk diatas, sebetulnya kita bisa membypass-nya dengan menekan sembarang tombol di keyboard, tapi jika kita tidak sempat menekan sembarang tombol pada batas akhir hitungan, maka komputer akan melakukan checkdisk secara otomatis.
Tapi sebelum kita membypass checkdisk otomatis ini, kita perlu mencek terlebih dahulu, apakah benar bahwa drive dengan letter "Z" ini minta untuk di checkdisk? disini jika sudah bisa diketahui bahwa drive dengan letter "Z"  tersebut dinyatakan tidak membutuhkan checkdisk, berarti kita bisa menseting lebih lanjut agar tidak dilakukan checkdisk secara otomatis.
Cara untuk mengetahui partisi perlu dilakukan checkdisk atau tidak, kita cukup menggunakan command dibawah :
fsutil dirty query C:
Command diatas akan melakukan check pada drive dengan letter "C", jika ingin men-cek letter drive partisi yang lain, ganti saja C: pada command diatas dengan letter yang akan di cek.
Jika hasilnya seperti gambar dibawah, berarti partisi komputer dengan letter drive C: menandakan tidak butuh untuk di checkdisk. karena dilayar command prompt tertulis bahwa "Volume - C: is NOT Dirty"
fsutil dirty query C:

Berarti dengan cara diatas, kita bisa mengetahui secara pasti, bahwa drive partisi C: (sebagai contoh) tidak sedang mengalami gangguan dan tidak perlu dilakukan checkdisk.
karena setiap kali booting, windows selalu menampilkan bahwa drive C: harus di lakukan pengecekan disk seperti gambar paling atas, maka gunakan command dibawah ini agar windows membypass pada partisi C; yang sudah clean dari error untuk tidak dilakukan checkdisk secara otomatis. dibawah ini sampel command yang perlu teman-teman tulis di layar CMD di windows :
chkntfs /x c:
Jika ada partisi lain yang mengalami hal serupa, saya ambil sebagai contoh misal partisi "E" yang mengalami hal yang sama seperti drive "C", berarti penulisan-nya seperti dibawah ini :
chkntfs /x c: e:
Setelah teman-teman menerapkan command diatas, tentunya dengan menyesuaikan pada letter partisi masing-masing yang bermasalah, lalu bisa dicoba untuk mereboot komputer lagi, jika pada tampilan layar logon tidak terdapat lagi pemberitahuan untuk melakukan checkdisk, berarti teman-teman sudah berhasil mengatasi permasalahan checkdisk otomatis tersebut.
Baik.. semoga artikel kali ini mampu dipahami, saya mohon maaf sebanyak-banyak-nya jika penulisan artikel ini masih membingungkan dan sulit untuk dipahami. silahkan tinggalkan komentar jika anda merasa kurang memahami, menyampaikan masukan dan yang lain.
Akhir kata saya ucapkan banyak terima kasih untuk teman-teman yang sudah meluangkan waktu untuk membaca artikel kelas pemula ini. makasih.

Selamat Menunaikan Ibadah Puasa.

0 comments