Cara Mudah Mengganti Domain TLD Gratisan dari Freenom Untuk Blogspot

Untuk mengetahui cara mengganti domain blogspot ke domain TLD seperti .com, .net dan lain-lain, para blogger pemula seperti saya ini wajib memahami cara penyetelan-nya, agar suatu saat kita mampu melakukan sendiri tanpa meminta bantuan orang lain hanya untuk sekedar mengganti domain untuk blogspot kita sendiri.
Pada dasarnya, blogspot menggunakan domain yang terasa panjang dan kurang begitu bagus, meski ini juga bukan menjadi satu jaminan untuk menjadikan blog kita semakin populer.
mempunyai nama blog yang panjang pada blogspot menurut saya tidak begitu mudah untuk di ingat. misalnya :
www.nasi-pecel.blogspot.com
Disini penting sekali bagi blogger yang mempunyai nama blog yang panjang untuk dibuat lebih pendek lagi dengan bantuan TLD (Top Level Domain).
Apa arti dari top level domain? arti sederhana-nya yaitu nama extensi terakhir dari suatu alamat website yang umumnya ber-akhiran .com, .net, .id dan sebagai-nya.
sehingga jika kita terapkan pada contoh nama domain seperti diatas dengan TLD, maka nama web/blog kita nanti akan menjadi seperti dibawah ini contoh-nya :
www.nasi-pecel.com
www.nasi-pecel.net
www.nasi-pecel.us
www.nasi-pecel.org

dan seterus-nya...
baca juga artikel tentang kompresi gambar untuk blog agan :
http://www.koentji.tk/2015/05/tips-kompresi-gambar-untuk-webblog.html


Cara Mudah Mengganti Domain Blogspot Ke Domain TLD FreenomDengan begitu kita bisa menghilangkan subdomain blogspot yang sudah menjadi bawaan secara default sejak pertama kita buat di blogger.com.
Keuntungan dari domain TLD seperti ini tentu akan lebih mudah di ingat, karena alamat url web/blog kita menjadi semakin pendek. dan banyak lagi keuntungan-keuntungan lain yang bisa kita dapatkan, satu contoh :
Jika agan ingin membuat blog agan sebagai sarana jual-beli online, akan lebih bagus lagi jika agan menggunakan domain TLD dibanding tetap menggunakan subdomain bawaan blogger (blogspot.com). karena akan sedikit menaikkan prestise (imho).

Registrasi Domain TLD Gratis
Pada kesempatan kali ini, sebagai bahan praktek, agar kita tidak perlu mengeluarkan biaya untuk pembelian suatu domain TLD, maka saya akan memanfaatkan fasilitas domain gratis yang di sediakan oleh freenom.com, yang mana dengan bantuan layanan freenom,com tersebut, kita tidak perlu mengeluarkan biaya untuk sewa domain.
akan tetapi, selama kita menggunakan fasilitas domain gratis dari freenom ini, kita tidak bisa menggunakan domain seperti .com dan sejenis-nya. berikut ini daftar nama-nama domain yang disediakan secara gratis oleh freenom.com yang bisa kita gunakan dengan durasi satu tahun. silahkan disimak dibawah ini.
cara mengganti domain blogspot freenom
Daftar nama domain gratis dari freenom :

  • .TK
  • .ML
  • .GA
  • .CF
  • .GQ

Sebagai bahan praktek, saya rasa dengan menggunakan salah satu nama domain diatas, bagi saya sudah cukup untuk dipakai meski mungkin sebagian kalangan menganggap nama domain diatas terasa kurang ber-gengsi. namun jika agan ingin menghemat kantong, tidak ada salah-nya untuk mencoba layanan domain gratisan ini.
Selain itu, dengan metode ini, kita juga tidak perlu lagi untuk mengeluarkan biaya untuk menyewa jasa hosting, jadi semua layanan kita cari yang serba gratis dari domain hingga hosting. (suka-nya yang gratis-gratis..?!).

Oke, setelah agan setuju dengan metode ini, agan bisa melanjutkan untuk membaca artikel ini, hal yang perlu dilakukan pertama kali yaitu, agan perlu mendaftar dulu ke situs freenom.com dengan meng-klik tautan dibawah ini :
registrasi ke freenom

Silahkan memasukkan email dan password, dan ikuti petunjuk yang ada (maaf tidak saya jelaskan secara detil, karena proses registrasi-nya cukup mudah sekali).
setelah agan mengkonfirmasi proses pendaftaran yang sudah di kirimkan ke email yang agan gunakan pada proses registrasi, kini agan bisa mengakses freenom dan langsung bisa mencari ketersediaan nama domain yang akan agan gunakan. contohnya ada pada gambar dibawah ini :
Cara Mudah Mengganti Domain Blogspot Ke Domain TLD gratis dari freenom

Setelah itu silahkan cari nama domain yang akan agan terapkan untuk blogspot agan di papan pencarian, lalu silahkan tekan tombol "Cek Ketersediaan". dan tunggu hingga proses pencarian nama domain selesai (disini sebagai contoh saya mencari nama web "kemplu", sesuaikan dengan selera agan)
seperti contoh gambar dibawah ini :
hasil pencarian domain di freenom

Contoh gambar diatas menandakan bahwa nama domain "kemplu.tk" sudah ada yang menggunakan, jadi silahkan pilih yang lain, entah itu domain .ml atau mungkin .ga (kembali lagi ke selera agan).
setelah mendapatkan pilihan nama yang sesuai, lalu klik tombol "Dapatkan sekarang". sebagai contoh, saya comot nama domain "kemplu.ga" :

Cara Mudah Mengganti Domain TLD Gratisan dari Freenom Untuk Blogspot

Setelah sudah terpilih seperti gambar diatas, cari tombol "Pemeriksaan" lalu klik dan nanti akan agan temui menu seperti gambar dibawah ini :
proses pemilihan domain

Jangan lupa untuk memilih durasi 12 Month @ FREE seperti gambar diatas, lalu klik tombol "continue", ikuti proses-nya hingga selesai.

Proses seting redirect di panel blogspot.
Setelah domain gratis sudah kita dapatkan, kini agan bisa mengakses menu Domain yang ada pada panel freenom agan. lalu pilih My domain, setelah itu cari list domain yang sudah agan dapatkan tadi, lalu klik menu "Manage domain" yang ada dibagian kiri  sesuai dengan lajur nama domain-nya :

Cara Mudah Mengganti Domain TLD Gratisan dari Freenom Untuk Blogspot

Setelah terbuka, pilih menu "Manage Freenom DNS", dan setelah itu agan akan menemui tampilan seting menu input daftar DNS, silahkan input satu persatu DNS dibawah ini sesuai seperti contoh pada gambar dibawah ya? berikut daftar DNS beserta sampel gambar cara pengisian-nya :
DNS

  • 216.239.32.21
  • 216.239.36.21
  • 216.239.34.21
  • 216.239.38.21
Contoh format pengisian DNS Google di panel Freenom :
Cara Mudah Mengganti Domain TLD Gratisan dari Freenom Untuk Blogspot
bagian Name, dikosongkan
bagian Type, pilih A
bagian Target masukkan Ip DNS diatas.

Setelah proses input Dns selesai,tinggalkan dulu seting input dns tersebut, kini agan beralih dulu ke panel blogger agan, langsung akses menu "Settings" atau "Setelan" seperti gambar dibawah, lalu klik tulisan "Siapkan Url pihak ke 3 untuk blog anda"
Cara Mudah Mengganti Domain TLD Gratisan dari Freenom Untuk Blogspot

Setelah agan klik, lalu masukkan nama domain sesuai dari apa yang sudah kita dapatkan di freenom tadi. jangan lupa sertakan "www" seperti gambar dibawah ini :
Cara Mudah Mengganti Domain TLD Gratisan dari Freenom Untuk Blogspot

Setelah selesai, klik tombol "Save/Simpan", maka akan ada peringatan error seperti gambar dibawah ini, pada bagian ini agan tak perlu khawatir. pada pesan error ini, ada point penting yang harus kita catat, silahkan catat juga pada bagian gambar yang sudah saya beri tanda kotak, dan ini nanti akan kita masukkan ke panel DNS di panel freenom tadi.

Dan silahkan copy-paste satu persatu data informasi CNAME pada gambar yang saya lingkari merah tersebut ke panel DNS di freenom (sesuaikan dengan informasi CNAME milik blog agan ya..?). sampel gambar format pengisiannya seperti pada gambar dibawah.
(di teliti lagi ya sebelum mengisi dengan melihat contoh gambar dibawah)

Baru, jika dirasa sudah benar format pengisian-nya.. agan bisa menekan tombol "Save Changes" dan agan bisa pindah lagi ke setelan blogger tadi untuk menyimpan setting yang sudah agan kerjakan.
jika berhasil, nanti hasil-nya seperti gambar dibawah ini :

Dari sini agan sudah selesai melakukan penyetelan domain redirect di blogspot. agan bisa mengakses alamat url blogspot agan dengan nama yang lama, dan nanti akan otomatis di redirect ke nama domain yang sudah agan dapatkan dari freenom.
Bagaimana.. mudah bukan..?
Dengan mempelajari metode redirection domain dari freenom ini, setidaknya cukup mewakili untuk seting domain TLD dari penyedia domain yang lain. semoga artikel sederhana ini bisa membantu agan yang ingin mencoba mengganti subdomain blogspot ke domain TLD.

Sekedar catatan: di freenom, agan juga bisa membeli domain seperti .com dan yang lain. jadi freenom tidak semata menyediakan domain gratis saja, domain berbayarpun bisa agan tebus juga di situs freenom ini, dan harganya pun menurut saya cukup murah lho..

Sampai jumpa di artikel-artikel yang lain. :)

Baca juga artikel saya tentang mencari backlink gratis :

10 comments