Cara Download Video Youtube Tanpa Add-Ons

Koentji Blog - Bagi pengguna internet browser google chrome, pasti sudah mengetahui, bahwa pada google chrome tidak ditemui satu extensi yang mempunyai kemampuan untuk mendownload video yang ada di youtube. bukan karena apa, melainkan extensi yang berada pada webstore google memang tidak diperbolehkan mempunyai fitur untuk mendownload video di youtube.
Jika anda pengguna setia google chrome, pasti akan sedikit susah dan merepotkan. jika pengguna browser seperti firefox masih bisa lenggang kangkung menggunakan extensi yang bisa digunakan untuk mendownload video di youtube, tapi itu tidak bisa ditemui di google chrome.
Saya sebetulnya masih bisa menggunakan firefox untuk mendownload video yang ada di youtube menggunakan bantuan extensi NetVideoHunter, tapi karena malas harus ber pindah-pindah browser, mau tak mau harus mencari trik agar bisa mendownload video youtube menggunakan google chrome.


Cara Download Video Youtube Tanpa Add-OnsBanyak sekali panduan yang ada di internet untuk mendownload video youtube, namun jika itu diharuskan untuk memasang aplikasi pihak ketiga, terkadang kita pun jadi malas. terlalu banyak program terpasang namun juga jarang digunakan.
Dan jika teman-teman ingin menggunakan cara yang praktis dan tidak memberatkan kinerja browser karena kebayakan extensi yang aktif, maka ikuti cara saya. dan cara-nya cukup mudah.
Ayo kita mulai.. dan jangan lupa siapkan google chrome kesayangan, lalu buka. lalu ikuti langkah dibawah ini :

  • Buka google chrome jika belum terbuka,
  • Setelah chrome terbuka, lalu tekan saja kombinasi tombol keyboard Ctrl+D untuk membuat bookmark, disini bebas, misalkan halaman yang terbuka adalah halaman web seperti google atau yang lain, abaikan saja. nanti properties-nya toh akan kita ganti.
  • Setelah menekan tombol Ctrl+D, nanti akan muncul jendela bookmark kecil. pada bagian Name, isikan nama-nya, misal "yt-down". lalu pada bagian menu drop down Folder, pilih Bookmarks bar, agar nanti shortcut bookmark ini bisa berada pada bar dan bisa lebih memudahkan kita dalam men-akses-nya.
  • Lalu klik pada tombol menu bagian "Edit", nanti akan keluar jendela pop-up, cari dibagian menu "url", pada bagian kotak pengisian, isikan code berikut :
    javascript:(function(){window.open('http://keepvid.com/?url='+encodeURIComponent(location.href)+'')})();
  • Setelah selesai, tekan tombol "Save" nanti di bookmark bar akan muncul menu bookmark yang baru saja kita buat.
  • Untuk mencoba mendownload video yang ada pada youtube, silahkan buka youtube, lalu cari video yang ingin di download. setelah halaman video sudah terbuka, klik saja bookmark yang sudah kita buat tadi. maka secara otomatis nanti browser google chrome akan membuka tab baru, lalu anda bisa memilih format video yang di inginkan. dari sini proses pembuatan sudah selesai.
Dan.. semoga artikel pendek ini bisa berguna untuk anda yang masih bingung mencari cara untuk mendownload video di youtube pada browser google chrome.
oh ya.. tehnik mendownload video youtube diatas bisa diterapkan/dipakai pada browser apapun, jadi tehnik ini cukup efisien dan tepat untuk dipilih.
Mohon maaf bila artikel ini tidak disertai gambar, nanti jika ada waktu akan saya update kembali.
Dan sekian saja artikel ini, mohon maaf atas banyaknya kekurangan.


Baca juga artikel tentang cara cepat translate web menggunakan bing pada browser :
http://koentji.blogspot.com/2015/05/cara-cepat-translate-website-dengan.html

0 comments