Cara Melihat Backlink Blog Orang Lain Gratis

Pada artikel kali ini, saya yang bukan seorang pakar SEO akan share tentang cara mengintip / melihat backlink pada web atau blog orang lain secara gratis tanpa bayar, yang mana bagi anda web tersebut anda jadikan acuan, kompetitor atau apapun lah..
karena seperti yang sudah di sampaikan oleh seluruh pakar SEO, backlink hingga saat ini juga masih dibutuhkan untuk sebuah blog /web agar ada peningkatan terhadap trafik (itu kata seorang pakar SEO, lha saya ini cuma modal taklid kok.. heuheuehuehuuuu....). namun kita pun juga tidak boleh mengabaikan untuk selalu membuat konten yang original, bermanfaat untuk orang banyak dan sebisa mungkin unik dan nyaman untuk visitor. sampai saat ini saya masih juga belajar dalam hal itu.
Tapi apa yang terjadi? jika kebanyakan orang sudah menilai konten artikel dari blog kita sudah sangat bagus dan original tetapi pengunjung masih juga belum membludak? (seperti blog saya ini, konten masih kurang bagus, sepi visitor pula) menurut saya penyebab-nya juga bermacam-macam. termasuk promosi, dan promosi itu menurut saya adalah substansi dari backlink itu sendiri.
baca juga artikel mengenai backlinking dibawah ini gan..
http://koentji.blogspot.com/2015/07/cara-mudah-mencari-backlink-gratis.html
entah kita promosi (backlink) ke media sosial, atau ke blog-blog lain dengan berkomentar dan sebagai-nya.
untuk membuat backlink itu pun anjuran dari seorang pakar SEO juga tidak boleh asal-asalan juga. jadi anjuran-nya harus seperti apa untuk membuat backlink tersebut..? kalau pemahaman saya sih untuk membuat backlink tersebut kurang lebih-nya seperti dibawah ini :
  • Buatlah backlink ke situs yang mempunyai pagerank minimal PR1
  • Men-submit artikel blog ke situs semacam lintas.me, forum-forum lain dan sejenis-nya
  • Membuat Signature di forum berupa anchor text yang mengarah ke situs web / blog kita
  • Share artikel ke media sosial seperti facebook dan sebagai-nya
  • Sisa-nya tambahin sendiri.. heu..heu..heuuuu.. :p
Cara Melihat Backlink Web Kompetitor GratisDiatas itu setidak-nya ringkasan-ringkasan untuk membuat backlink, sekali lagi maaf.. saya tidak ada maksud untuk minteri, intinya artikel yang saya tulis ini adalah apa yang saya tahu ya langsung saya bagi disini, agar bisa bermanfaat untuk sesama pemula di dunia blogging.
Kembali ke inti topik artikel ini, nah... setelah kita mengetahui bagaimana cara menempatkan backlink untuk web blog kita, sekarang yang menjadi pertanyaan adalah.. adakah rujukan untuk menempatkan backlink web kita ke situs web yang mempunyai High Pagerank tinggi..?
hmm... pertanyaan bagus, meski sebetulnya kita bisa bertanya ke google, namun tak ada salah-nya jika kita memanfaatkan sedikit trik yang cukup simple, mudah dan tidak terlalu memakan waktu. yaitu dengan cara mengintip, mengintai atau bahasa halus-nya melihat kandungan daftar backlink yang ada pada situs-situs web ternama dan jelas mempunyai pagerank tinggi (kalau sudah ternama pasti situs tersebut mempunyai pagerank minimal satu keatas).
Lalu pasti akan ada pertanyaan susulan (secara orang pemula seperti saya), bahkan bisa jadi ada pernyataan bahwa untuk melihat backlink itu susah, yang harus bayarlah.. dibatasi lah... inilah.. itulah.. dan itu semua akan memakan waktu. apalagi saya/anda yang tidak selalu berhadapan di depan komputer untuk mengurus blog.
maka dari itu dengan trik sederhana ini, kita bisa dengan mudah mengintip backlink pada situs-situs besar untuk kita list dan selanjut-nya kita jadikan tempat peletakkan backlink untuk web/blog kita.
Oke, syarat wajib untuk melakukan pengintaian ini, saya menganjurkan anda untuk menggunakan web browser google chrome (untuk sementara wajib). jika belum mempunyai browser ini, anda bisa mendownload di situs resmi-nya. lalu ikuti panduan-nya dibawah ini :


Pastikan browser google chrome sudah terpasang, lalu klik tautan ini untuk memasang add-ons terbagus untuk melihat backlink dan pagerank suatu web.
Add-ons SEO maknyos konyos-konyos gratis
Setelah terpasang, kini anda sudah bisa menargetkan situs-situs web yang menurut anda menjadi situs kompetitor, atau situs besar yang mempunyai niche sama dengan situs anda. mereka meletakkan backlink di mana aja sih..? saya ambil contoh situs web indonesia aja biar gampang, anggap situs web jalantikus.com. silahkan buka situs-nya, setelah terbuka lihat indikator pada add-ons yang tadi sudah anda pasang, terlihat web jalan tikus tersebut mempunyai pagerank 3. lihat pada gambar dibawah ini.
Cara Melihat Backlink Web Kompetitor Gratis

Setelah itu klik saja icon add-ons berwarna biru tersebut, maka anda akan melihat ringkasan-ringkasan informasi seperti backlink unik, total backlink, peringkat alexa dan lain-lain. dan untuk melihat backlink yang di miliki oleh web jalan tikus tersebut, disitu tertulis bahwa web jalan tikus mempunyai total backlink sebanyak 13.132. anda tinggal klik saja pada salah satu menu informasi backlink, bisa klik di total backlink ataupun unique backlink (sama aja hasilnya..). setelah klik menu tersebut, nanti browser akan membuka tab baru yang mana anda akan di-hantarkan ke informasi backlink pada web jalan tikus.

Cara Melihat Backlink Web Kompetitor Gratis
persiapan ngintip backlink
Cara Melihat Backlink Web Kompetitor Gratis
list informasi backlink web jalan tikus
Setelah anda buka tab baru yang menampilkan informasi backlink, dari gambar diatas kita sudah bisa melihat informasi list backlink yang dimiliki oleh web jalan tikus.com. informasi-nya juga cukup lengkap. disitus apa backlink itu bertempat, seperti apa anchor text backlink-nya, dan berapa pagerank tempat backlink itu berada (lihat gambar diatas).
Dan pastikan, jika anda merasa dibatasi dan tidak bisa melihat daftar backlink tersebut, anda cukup sign-up saja, setelah itu anda bisa melihat daftar backlink tersebut tanpa ada batas dan tentunya gratis, menyenangkan bukan..? dengan add-ons bagus ini, anda sudah tidak perlu repot-repot lagi untuk mencari tempat untuk meletakkan backlink untuk web / blog anda.
tentu saja, dengan mengetahui alamat backlink-backlink tersebut, carilah situs web yang mempunyai pagerank tinggi terlebih dahulu sesuai informasi yang ditampilkan diatas. setelah itu buka situs-nya cukup dengan meng-klik salah satu daftar situs yang ada pada bagian kiri, nanti anda akan dibukakan satu tab baru yang menuju ke situs tempat tersimpannya backlink tersebut. setelah itu jika dirasa menungkinkan, tinggalkan komentar disertai anchor text yang menuju ke alamat web blog anda. ingat, jangan pernah melakukan komentar spamming, agar komentar anda bisa di approve jika sistem komentar di situs tersebut menggunakan peninjauan oleh pihak admin.

Dan dari metode diatas, sekarang anda sudah tidak perlu ber-susah payah lagi untuk mencari backlink berkualitas yang dimiliki oleh situs-situs yang anda jadikan sebagai situs kompetitor, ataupun situs besar yang akan anda jadikan referensi dalam hal backlinking.
tinggal ketelatenan anda saja untuk membuat backlink pada situs-situs yang sudah dihasilkan oleh trik diatas.
dan tidak lupa pula, untuk selalu membuat artikel yang bagus, unik menarik dan hasil tulisan anda sendiri, meskipun jika kita bicara soal tema artikel pasti juga sama dengan artikel oleh blog lain, namun setidaknya jika anda melakukan review sendiri, pasti anda akan mampu menyajikan ulasan berbeda dan gunakan gaya anda sendiri. karena blogging akan terasa melelahkan jika tulisan artikel kita tersebut terkesan formil dan dipaksakan harus menyesuaikan konsep si ini atau si itu. be yourself..dan biarkan semua-nya berjalan mengikuti alur. (maaf.. sekali lagi bukan sok minteri atau menggurui ya..?)

Akhir kata saya ucapkan banyak terima kasih sudah meluangkan waktunya untuk membaca artikel sederhana ini, saya tak lupa mengucapkan mohon maaf bila terdapat kekurangan dalam penulisan maupun penyampaian-nya. komentar dan masukan anda saya tunggu di kolom komentar dibawah.
Happy blogging. cheers.

sumber gambar wikihow

Baca juga cara mudah mencari backlink pada situs EDU & GOV pada tautan dibawah ini :
http://koentji.blogspot.com/2015/06/cara-mudah-membuat-backlink-di-situs.html

0 comments