Kamus Boso Using Banyuwangi

kamus-boso-using-banyuwangiSemenjak beberapa tahun terakhir ini, Banyuwangi makin di kenal oleh masyarakat diluar banyuwangi. ditambah semenjak keberadaan konser dangdut di salah satu stasiun televisi yang mana salah satu juara kedua merupakan warga asli dari banyuwangi.
Namun saya disini tidak membahas soal itu, kali ini saya ingin membagi aplikasi kamus bahasa using khas banyuwangi. kamus ini pada dasar-nya di buat oleh Wordopedia, namun aplikasi kamus ini bisa di custom ke berbagai bahasa, karena sifat-nya aplikasi ini sangat flexible dan bisa diganti ke kamus bahasa apapun hanya dengan mengubah isi file database-nya saja.

meski kamus bahasa using ini masih belum mewakili kosakata boso using secara menyeluruh , namun kita masih bisa menambah suku kata-nya secara satu persatu pada menu penambahan kata, sehingga lambat-laun entri kosakata-nya akan bertambah dengan sendiri-nya.

Pada kamus boso using ini, saya hanya mengambil referensi kamus boso banyuwangi yang pernah ditulis oleh Kang Supenok (luryah byaréng / Osing Kertarajasa), saya sengaja mengambil kosakata dari situ, karena memang tidak mempunyai kitab kamus boso using buatan almarhum Bpk. Hasan Ali sebagai rujukan. dan saya hanya menambah beberapa kosakata boso using yang saya fahami.

jadi untuk anda yang memang ingin mempelajari boso using ini, saya juga mohon maaf, jika data kosakata masih terasa belum lengkap. namun saya juga akan terus menambah secara perlahan-lahan agar database kosakata-nya semakin lengkap seperti yang ada pada kamus boso using karya dari Alm.Bpk Hasan Ali.


Aplikasi kamus boso using ini basis-nya di peruntukkan untuk komputer dengan sistem operasi Windows.
ukuran file cukup kecil (tergantung isi database kosakata-nya). dan tidak perlu melakukan instalasi.
jadi aplikasi kamus ini bisa dibawa kemana saja dengan disimpan ke dalam flashdisk, lalu anda tinggal langsung membuka aplikasi-nya dan langsung jalan. jadi cukup praktis dan tidak ribet.

Kamus Boso Using Banyuwangi
Tampilan sederhana
Sedangkan bagi anda yang ingin menambahkan kosakata boso using yang dirasa masih belum ada pada database. cara penambahan-nya juga cukup mudah, anda hanya cukup meng-klik tombol "Add a word" lalu anda sudah bisa mengisikan kosakata yang ingin ditambahkan. contoh-nya seperti gambar dibawah ini :

Kamus Boso Using Banyuwangi
penambahan kosakata
Pada bagian Word, anda bisa menulis kata-nya, dibagian bawah (Definition) tuliskan arti-nya. setelah itu tinggal menekan tombol "Add". maka setelah itu kata yang sudah anda tulis tadi akan otomatis tersimpan di database kamus tersebut.
Karena kamus ini menggunakan format Bahasa Indonesia ke Boso Using, jadi format penambahan kosakatanya yaitu pada kotak "Word", isikan bahasa indonesia, dan pada kotak "Definition" isikan arti dalam bahasa using.

Dan untuk meng-unduh aplikasi kamus ini, silahkan klik tautan dibawah ini :


Baca juga koleksi aplikasi gratis yang koentji bagikan dibawah ini :
Koleksi aplikasi total gratis (bukan aplikasi bajakan)

2 comments