Cara Ping Sitemap Blog Ke Search Engine Populer

Koentji Blogs - Membuat sitemap bagi para blogger adalah tahap yang pasti sudah dilakukan semenjak blog-nya dibangun. karena dengan membangun sitemap,juga akan memudahkan pengunjung blog kita untuk melihat daftar isi artikel pada blog milik kita. meskipun kadang pengunjung lebih mudah mengakses-isi artikel nya melalui widget label atau widget yang lain.
Namun disini saya tidak akan membahas bagaimana untuk membuat sitemap, karena sudah terlalu banyak situs situs yang membahas cara pembuatannya. disini saya hanya ingin sedikit berbagi artikel mengenai cara Ping sitemap blog kita ke beberapa situs pencari yang sudah populer, selain Google, ada Bing, Yandex, Baidu. jika kita sudah mempunyai sitemap untuk blog yang kita kelola, jangan lupa untuk melakukan ping alamat sitemap blog kita ke alamat empat situs search engine yang sudah saya sebut diatas. tujuannya apa? paling tidak bertujuan untuk menaikkan posisi SERP blog milik kita di situs pencari. jika pada umum-nya kita melakukan Ping secara satu persatu setiap kali melakukan publishing artikel baru, maka melakukan Ping alamat sitemap juga perlu kita lakukan juga agar hasil-nya lebih maksimal lagi, karena ping pada sitemap lebih menyeluruh, bukan hanya satu alamat halaman artikel di blog kita.

Oke.. pada bagian pertama, kita awali dengan melakukan ping sitemap kita ke google, lalu secara berurutan kita akan melakukan ping ke alamat situs pencari lainnya, (Yandex, Bing, Baidu).
mari kita lakukan secara pelan pelan penuh kepastian. sebelum melakukan langkah langkah dibawah ini, persiapkan  terlebih dahulu alamat sitemap web/blog milik anda, agar semua nya tinggal sorong saja.
Cara Ping Sitemap Blog Ke Search Engine Populer

Ping sitemap ke Google

Cara pertama adalah menggunakan metode manual dengan menulis url dibawah ini :

http://www.google.com/webmasters/tools/ping?sitemap=http://koentji.blogspot.com/sitemap.xml
Gantilah url yang berwarna biru dengan alamat sitemap situs milik anda, tentunya sesuai dengan url sitemap yang sudah anda buat di google webmaster tool ya?
Cara kedua, anda bisa juga click tautan dibawah ini, lalu masukkan alamat sitemap milik web/blog anda seperti contoh pada tulisan berwarna biru diatas. dibawah ini alamat url yang bisa anda kunjungi :
Google Search Ping page 

Cara Ping sitemap ke Yandex

Metodenya juga sama dengan cara ping sitemap ke google, copy url dibawah ini :
http://blogs.yandex.ru/pings/?status=success&url=http://koentji.blogspot.com/sitemap.xml
Seperti biasa, ganti alamat sitemap berwarna biru diatas dengan alamat sitemap web/blog milik anda. lalu paste ke address bar internet browser kesayangan mu. Sebagai alternatif juga bisa berkunjung ke situs ping milik search engine yandex dibawah ini : Halaman Ping Yandex

Cara Ping sitemap ke Bing

Metodenya juga sama dengan diatas, cuma dibedakan di url-nya lah. berikut ini sample penulisan url yang perlu anda tiru..
http://www.bing.com/webmaster/ping.aspx?siteMap=http://koentji.blogspot.com/sitemap.xml
Tak capek capek saya menyerukan untuk mengganti url berwarna biru diatas dengan alamat sitemap web/blog milik anda. perhatikan itu ya..?! Alternative selain menulis manual pada address bar browser, anda bisa langsung mengunjungi alamat dibawah ini : Halaman Ping Bing 

Cara Ping sitemap ke Baidu

Saya paling benci sama produk baidu seperti baidu pc faster dan kroni-kroninya.. namun untuk urusan blogging, saya sedikit melonggarkan hati untuk menggunakan jasa ping yang sudah mereka sediakan. tidak apalah.. yang penting kita berusaha agar konten di blog yang kita miliki bisa di index oleh Baidu. untuk melakukan ping ke baidu, kita cukup berkunjung ke alamat ping dibawah ini :
Demikian cara untuk melakukan ping sitemap blog kita ke beberapa situs search engine popular.
lakukanlah ping setelah anda mempublish artikel baru pada web/blog milik anda.
jangan melakukan secara over, lakukan ping sitemap setiap kali anda mempublish artikel baru. bila anda over melakukan aktivitas ini, maka kita bisa dituduh melakukan spamming. bisa bisa artikel artikel kita tidak akan diabaikan oleh search engine.
Oke.. semoga artikel kali ini bermanfaat untuk anda, jika artikel ini menurut anda ecek ecek.. abaikan saja. wong saya masih pemula kok. hehehee...
Salam GoBlog..!!

1 comments: