Tips Mendaftarkan Blog ke Adsense Dengan Domain TLD Gratisan

Semua juga tahu, untuk cara mendaftar blog/web ke google Adsense Non Hosted di wajibkan menggunakan web dengan domain TLD.
Namun web TLD itu umumnya tidak gratis. domain itu berbayar begitu pula dengan hosting.
Bagi anda yang ingin mencoba peruntungan di dunia jurnalistik melalui blog / web. setidaknya masih ada celah untuk bisa melakukan pengajuan ke google adsense meski hanya mempunyai modal kemampuan menulis saja.
Maka disini akan sedikit saya bahas tips tips nya seperti apa secara singkat dan padat. namun bila ada kekurangan pembahasan, akan saya perbaiki di kemudian hari ya...? tips tips ini merupakan tips sederhana yang merupakan ringkasan saja agar tidak banyak berbelit belit dan membingungkan pembaca. yuk langsung saja.


Langkah langkahnya :

  • Sudah mempunyai akun google (email dari google) lalu buatlah blog gratisan dari google (www.blogger.com)
  • Buatlah blog, untuk panduan pembuatan blog bisa mencari panduan di google search ya?
  • Isi artikel setidaknya 5 bidji artikel dulu atau sukur sukur lebih dari 10 artikel.
  • Buatlah artikel dengan tema yang unik, jangan membahas topik tentang pelanggaran yang telah di tentukan pihak google, misal perjudian, pornografi, blog software bajakan dan sejenisnya. pasti anda sudah bisa memilah mana baik mana buruk.
  • Anjuran saya untuk topik artikel pengajuan ke adsense, angkatlah topik mengenai dunia kesehatan, budaya, travelling, psikologi dll. kalau membahas dunia internet dan konco konco-nya terkesan sudah umum. be yourself.. jangan ngikut ngikut orang lain. yang penting artikel anda berbobot, unik dan bermanfaat.
  • Setelah blog terisi artikel, ganti subdomain blogspot menjadi domain TLD dengan gratis. caranya ikuti langkah langkah ini : http://goo.gl/lK1J8I
  • Setelah subdomain berhasil diganti ke domain TLD, persiapkan artikel setidaknya 10 artikel lebih, tapi jangan di publish dulu, simpan saja dulu di notepad atau dokumen word atau sejenisnya. kenapa... ntar pasti tahu sendiri.
  • Daftarkan blog TLD ke google adsense. panduan bisa dicari dengan mudah di google search.
  • Jika proses pengajuan adsense non hosted berhasil, biasanya kita disuruh memasang unit iklan, jadi ikuti apa yang di minta google adsense. selama itu, proses blog sedang di review.
  • Selama masa review, siapkan artikel yang sudah anda simpan di notepad atau word tadi untuk di publish ke blog yang sudah di daftarkan adsense non hosted tadi, pastikan setiap hari ada artikel yang sampean publish, setidaknya 3-4 artikel. ini bertujuan agar google menilai blog kita benar-benar di urus. jadi saran saya.. pastikan anda bisa meluangkan waktu menulis artikel setiap hari selama masa review.
  • Sisa nya berdoa. umumnya proses review memakan waktu sampai seminggu setelah kita disuruh memasang unit iklan oleh google adsense. nanti segala pemberitahuan akan di kirim via email milik sampean tadi.
  • Jika pengajuan di tolak, umum sekali google adsense memberikan alasan, jadi carilah alasan adsense tersebut untuk membenahi kekurangan pada web/blog sampean. setelah sukses memperbaiki, ajukan pendaftaran lagi. teman teman saya ada yang sampai mengajukan ke adsense hingga puluhan kali pengajuan sampai akhirnya di terima oleh google adsense.
Nah.. demikian tips dasar pembuatan blog untuk pengajuan adsense non hosted hanya dengan bermodalkan blogspot disertai domain gratisan.
Tips ini cukup efisien bila anda tidak mempunyai dana yang cukup untuk membeli web selfhosting, atau mungkin terkendala dengan urusan tehnis mengenai build website menggunakan wordpress atau yang lain.

Baca Juga Koleksi Download Template Blogspot Valid AMP Gratis


Tips tips lain :

  • Lakukan pendaftaran pada blog setidaknya sudah berumur dua-tiga minggu lebih. setidaknya setelah mempunyai blog baru, langsung konversi subdomain blogspot ke domain TLD gratisan tadi.
  • Gunakan template yang mobile friendly, jangan terlalu pusing dengan gosip wajib menggunakan template default bawaan blogspot. yang penting pilihlah template blog yang simple, jelas navigasi-nya, fast loading dan tak lupa juga responsif. sedangkan template bawaan blogspot bisa dikatakan rata-rata tidak responsif. tidak sesuai untuk pengakses mobile.
  • Selama sebelum pengajuan ke adsense.. sosialisasikan blog / web sampean agar ada trafik pengunjung. misal share di sosial media, blog komenting (blog walking istilahnya).
  • SEO itu penting gak penting, sama halnya kayak orang punya toko yang jualannya bagus, tapi kalo gak ada promosi dan optimasi ya kadang susah di ketahui orang. begitupun bermain web atau blog. SEO juga di butuhkan, namun jika sampean gak ngerti mengenai SEO, penggantinya adalah menulis secara intens di web/blog sampean. jangan kuatir meski sampean gak punya ke ahlian SEO. tapi minimal sampean ngerti sedikit mengenai penerapan SEO pada web / blog agar web/blog kita ter index di search engine.
  • Jangan lupa setting pengkaitan google analytic ke web / blog sampean. jangan kuatir, dengan satu akun gmail, sampean sudah mendapatkan seluruh produk google, termasuk google analytic. wajib sekali untuk mengkoneksikan blog anda ke google analytic agar google bisa menjelajahi web/blog sampean. selain itu buatlah sitemap untuk blog di google webmaster tool. lalu pasang di page blog anda.
  • Buat navigasi web / blog yang sederhana, tidak membingungkan pengunjung.
  • Buatlah sitemap untuk blog/web anda (cari cara pembuatannya di google search)
  • Buat page About me, Privacy policy, Desclaimer. umumnya pengajuan ke google adsense mesti menyertakan ini pada web / blog.
  • Disaat menulis artikel, jangan sekali kali menyertakan gambar hasil dari pencarian di internet, pastikan gambar atau foto yang anda pasang ke blog benar benar gambar /foto milik anda sendiri. google sensitif sekali urusan pengakuan hak lisensi orang lain. (Edukatif sekali). jika anda memaksa menggunakan gambar hasil di internet, maka editlah terlebih dahulu menggunakan aplikasi photo editor, dan beri nama filenya yang unik.
  • Jangan menyertakan / meng-embed video youtube atau dari yang lain pada blog. pastikan persentasi artikel anda dominan di text.
  • Pastikan penulisan artikel disertai paragraf yang jelas, sertakan pula numbering bila diperlukan. artikel yang baik, selain konten-nya bagus, sisi penulisan juga dibutuhkan penulisan yang benar agar pembaca mudah mengikuti alur isi artikel anda. jangan menggunakan kata kata gaul. gunakan bahasa indonesia yang baku namun tetap menjadi diri anda sendiri.

Penutup

Demikian rincian singkat tips tips untuk mendaftarkan web/blog ke google adsense non hosted dengan menggunakan domain gratis serta tips tips yang lain.
jika terdapat kekurangan maupun penyampaian yang tidak benar, saya mohon maaf.. kesempurnaan itu mutlak milik-NYA, saya hanya belajar dan belajar.
Baiklah.. semoga artikel ini sedikit memberikan bekal untuk anda yang ingin mengajukan adsense non hosted. harapannya semoga bisa diterima sebagai adsense publisher sehingga anda bisa menjadikan sebagai tempat mencari penghasilan sampingan melalui blogging.

Salam Hangat.

2 comments