Membersihkan Virus Internet Dengan ADW Cleaner!!

Halo teman-teman Markoentji.. dihari minggu ini pasti sedang asik liburan ya?! oke selamat berlibur saja. kali ini saya hanya ingin menulis soal apa yang sudah saya alami tentang maraknya virus yang tumbuh berkembang melalui internet. kemarin banyak sekali orang dan teman dekat saya yang mengeluh komputernya terserang banyak virus. setelah sudah merasa tak mampu mengatasi, beliau beliau ini meminta bantuan pada saya yang notabene seorang kuli panggul, haduuuh.. moga aja bisa.
Setelah saya lihat, memang ber-macam macam gangguan virus-virus ini, ada yang merusak facebook dengan mengirim status dengan menandai daftar teman, ada yang terganggu dengan banyak-nya pop-up selama koneksi ke internet, dan macam macam lah.. setelah saya korek keterangan mendetail dari mereka.. ternyata kebiasaan dari beliau beliau ini suka asal klik disaat browsing ke internet.

Komputer Terserang Virus Di Internet? Basmi Dengan Ini!!


Perlu diketahui, disaat kita koneksi ke internet, kita harus berhati hati, jangan pernah tergoda untuk mengklik tautan apapun jika kondisi komputer tidak di proteksi dengan antivirus yang kuat. karena rata-rata pengguna komputer windows lebih rentan terserang virus semacam malware,worm, adware, spyware dan sejenisnya. untuk itu, sedari sekarang,, waspadalah selama melakukan browsing ke internet. jangan asal klik tautan yang menurut anda menarik, apalagi jika ada tautan tertentu yang menyarankan anda untuk memasang aplikasi dari internet, maka fikirkanlah berulang kali.. atau kalau perlu lakukan pencarian terlebih dahulu, aplikasi tersebut bisa membahayakan komputer atau tidak?! selain itu dengan membiasakan mencari tahu hal seperti ini, akan lebih membuat anda mengerti untuk menjaga komputer anda tetap aman dari serangan virus.
Baca juga tips memperkuat pertahanan windows anda dibawah ini :http://koentji.blogspot.com/2015/05/mengganti-setting-uac-windows-ke.html

Penanggulangan

Untuk mengatasi virus dari internet yang menyebalkan, ada beberapa langkah yang bisa kita lakukan, pertama bisa kita cek di startup komputer, aplikasi aneh apa saja yang bisa berjalan otomatis dikala windows melakukan startup/booting,jika ditemukan aplikasi aneh yang berjalan di autostart, maka hapus saja dengan bantuan msconfig atau aplikasi sejenis-nya.
Lalu jika komputer anda sudah terpasang antivirus, perbaruilah database antivirus dikomputer anda.
jika kedua langkah diatas masih belum mampu membasmi virus virus tersebut. maka anda saya anjurkan menggunakan aplikasi scan virus internet yang menurut saya bagus dan gratis. apa itu nama-nya..?! simak dibawah ini.

Adw Cleaner

Banyak sekali aplikasi scanner virus removal yang bisa kita cari dan dapatkan di internet. namun untuk urusan memberantas virus virus dari internet seperti malware, spyware, worm, adware dan sejenisnya.. saya lebih menyukai Adw Cleaner, aplikasi ini meski gratis, tapi kemampuannya tak bisa diragukan lagi.
Apabila anda mengalami kendala seperti diatas, maka basmi saja virus virus tersebut menggunakan adw cleaner.

Untuk mendapatkan aplikasi ini, anda bisa menuju situs dengan alamat dibawah ini :
https://toolslib.net/downloads/viewdownload/1-adwcleaner/
Aplikasi ini cukup kecil, jadi bisa dengan cepat kita download, setelah download selesai, pastikan komputer masih terhubung dengan internet. lalu buka adw cleaner yang sudah anda download. nanti aplikasi ini akan mendownload file database virus dan setelah itu akan siap melakukan proses scanning. urutan-nya bisa anda lihat gambar dibawah ini :

cara basmi virus komputer
tekan tombol agree

cara basmi virus komputer
proses update database
cara basmi virus komputer
tekan tombol scanning
cara basmi virus komputer
scanning berjalan
Setelah proses scanning selesai, anda bisa menekan tombol cleaning, tidak lama komputer akan restart otomatis untuk melakukan penghapusan virus virus tersebut.
setelah proses reboot selesai, coba rasakan, apakah masih ada keanehan?! bila anda sudah merasakan komputer kembali baik seperti sedia kala, ucapkan syukur. namun apabila masih mengalami hal hal yang mengganggu, scan lagi menggunakan adw cleaner tersebut. dan cek ulang apakah masih ada aplikasi yang berjalan di autostart windows?! bila iya hapus, dan matikan prosesnya melalui task manager, dan lakukan scan ulang menggunakan adw cleaner. pada pengalaman saya, saya lebih sering melakukan sekali scan saja, dan komputer sudah sehat seperti sedia kala.

Kesimpulan

Cara diatas merupakan cara yang dibutuhkan ketika kondisi komputer sudah dalam keadaan darurat, apabila anda masih belum mengalami kendala seperti diatas, maka pasanglah antivirus di komputer anda, pastikan selalu ter-update.
Berhati hatilah ketika melakukan browsing di internet, ada kalanya anti virus tidak mampu mendeteksi serangan virus virus di internet. oleh karena itu, jangan sembrono ketika browsing di internet. jangan klik iklan yang menawarkan untuk menginstal program pembersih komputer atau yang lain, jangan pula meng-klik tautan tautan yang mencurigakan.
Sampai disini tulisan gak berkualitas ini, semoga bisa berguna bagi anda yang belum waspada mengenai hal ini.

Selamat berlibur. Markoentji.

0 comments