4 Extensi Google Chrome Yang Wajib Digunakan Youtuber [UPDATED]

Tiga Extensi Google Chrome Yang Wajib Digunakan Youtuber
hot extension for youtuber
[*Update]Bagi pemain youtube (youtuber), tidak ada salahnya untuk menggunakan salah satu dari ketiga extension untuk browser google chrome dibawah ini. dan bagi saya, extensi tersebut sangat wajib untuk digunakan, karena fungsi dari extensi tersebut sangat membantu sekali untuk para youtuber dalam hal mengolah dan mempermudah pekerjaan. termasuk urusan optimasi seo video sampai kemudahan untuk meng-copy annotation, card dan yang lain.
Fungsi dari ketiga extensi ini mempunyai kemiripan fitur, namun ada beberapa hal yang menjadi pembeda, sehingga nanti teman-teman bisa memilih, extensi mana yang tepat dan pas untuk digunakan menurut kesukaan hati.

Dari ke-empat extensi ini, ada yang gratis, dan ada pula yang freemium, dalam artian sebetulnya tidak gratis.. namun teman-teman masih bisa menggunakan fitur basic-nya bila anda tidak berniat menggunakan versi premium-nya.
namun sepanjang penilaian saya, versi yang gratis pun sudah sangat cukup untuk membantu kebutuhan kita selama mengerjakan optimasi video atau hal-hal yang lain.
Dan di artikel ini, akan saya coba untuk membahas secara singkat namun detail, kelebihan dan kekurangan dari masing-masing extensi tersebut.

Keuntungan

Apa saja keuntungan yang bisa kita dapatkan jika menggunakan salah satu dari ketiga extensi bermanfaat ini? berikut ini keuntungan yang bisa anda dapatkan :
  1. Membantu anda dalam me-riset keyword untuk video anda
  2. Mempermudah anda dalam melakukan copy-paste annotation,card
  3. Mempermudah anda untuk mengedit thumbnail untuk video
  4. Meng-copy video tag pada video
  5. Analytics dan lain-lain.
Dan berikut ini daftar extensi tersebut :

vidIQ vision

Ini adalah salah satu extension favorit saya, kelebihan pada extensi ini yaitu, selain fitur-fitur-nya yang cukup memuaskan meski menggunakan fitur yang basic, extensi ini cukup ringan dalam meload informasi pada video yang ada di youtube.
Kita bisa menggunakan fitur copy annotations, card, video tag sebebas kita, sehingga akan lebih menghemat waktu dalam pemberian annotation maupun card pada keseluruhan video hanya dengan beberapa klik saja.
Dan extensi ini juga sangat saya rekomendasikan sekali bagi youtuber yang ingin melakukan riset keyword untuk video tag ataupun keyword pada judul dan deskripsi video. selain itu.. extensi ini mampu memonitor content id pada video yang ada di youtube.. sehingga youtuber yang bermain re-upload video akan lebih mudah untuk menghindari sanksi copyright claim.
Saya sangat menyukai extensi ini... pake banget!

vidiq youtube chrome extension
tampilan vidIQ
vidIQ merupakan extensi freemium, namun anda tetap bisa menggunakan fitur basic-nya yang menurut saya sudah sangat memuaskan.
Untuk teman-teman yang tertarik mencoba extensi vidIQ, bisa klik tautan dibawah ini :
Install vidIQ Youtube Extension

Heartbeat

Heartbeat merupakan extensi pembantu saya yang pertama kali saya pakai, namun sayang.. extensi ini kurang begitu cepat melakukan update, selain itu kekurangan lainnya adalah ada di kecepatan loading-nya yang terasa berat. namun bila teman-teman ingin mencoba extensi ini juga tidak ada salahnya.
Tampilan extensi ini tidak seperti extensi vidIQ yang muncul disamping video yang sedang kita putar, extensi Heartbeat ini memiliki tampilan yang ringkas dan hanya berupa text saja. dan selain itu.. kelebihan extensi ini adalah, selain untuk youtube, jika anda bermain video di situs Twitch dan Dailymotion pun bisa menggunakan bantuan extensi ini. dan extensi ini gratis.
Jika ingin mencoba-nya, klik tautan dibawah ini untuk memasang ke browser google chrome milik anda.
Install Heartbeat Extension

Tubebuddy

Dan extensi yang ketiga ini adalah extensi yang tidak kalah dengan vidIQ.. fiturnya cukup bagus, namun sayang,, bagi pengguna free hanya akan mendapatkan versi starter edition.
anda hanya bisa menggunakan fitur bulk copy pada annotation atau card hanya sekali pakai..
maka itulah alasan saya kenapa memilih vidIQ yang mana kita bisa bebas menggunakan fitur bulk copy untuk video annotation dan card.

tubebuddy youtube extension
dashboard tubebuddy
Sungguh sayang Tubebuddy membatasi fitur-fitur dasar seperti yang sudah saya sebut diatas. selain ringan, fitur-nya sangat bagus juga untuk para youtuber.
namun tidak ada salahnya anda untuk mencoba extensi yang satu ini. bila anda tidak pernah melakukan aktifitas seperti bulk copying pada anotasi video ataupun card video.. mungkin extensi ini juga perlu anda pertimbangkan untuk dipakai.
Jika Tubebuddy membatasi fitur bulk copy, namun Tubebuddy menggratiskan fitur semacam monitor analytic-nya. jadi antara vidIQ dan Tubebuddy mempunyai fitur gratisan yang saling silang.
dan saya akui, saya menggunakan Tubebuddy dan vidIQ, tapi tentu harus salah satu extensi yang aktif agar bisa digunakan.

panel tubebuddy
tampilan panel bawah

tubebuddy monito tool
tubebuddy tool

Apabila sobat tertarik mencoba Tubebuddy, klik saja tautan dibawah ini :

Install Tubebuddy Extension

*Update Extensi Yang Lain

Social Blade

Vidlog


Oke.. dari tulisan pembanding diatas, saya rasa sobat tertarik untuk menggunakan salah satu dari ke-empat extension tersebut, dan saya sendiri memasang kesemua extensi tersebut pada browser google chrome yang saya gunakan. namun ingat.. untuk bisa menggunakan extensi tersebut, kita hanya bisa meng-aktifkan salah satu extensi saja. jika kita aktifkan semua fungsi extensi tersebut tidak bisa berjalan.
agak ribet sih bila kita ingin mencoba ber-alih dari satu extensi ke extensi yang lain, namun bagi saya, memanfaatkan kelebihan dari ketiga extensi tersebut adalah cara yang tepat bagi seorang youtuber untuk mengambil manfaat-nya.

Baiklah.. dari artikel ini, semoga sobat youtuber bisa mendapatkan informasi yang bermanfaat.
dan apabila menemukan kesulitan, jangan lupa tulis pertanyaan atau komentar anda dibawah ya?

Salam Sukses!

0 comments