5 Tips Jitu Optimisasi SEO ONPAGE Video Youtube

tips optimasi seo onpage video youtube
Pada artikel kali ini, saya ingin berbagi tips sederhana & jitu untuk meng-optimisasi seo onpage video youtube milik anda.
perlukah optimisasi semacam ini? mengingat banyak juga video yang terkesan tanpa optimisasi onpage pun, sudah ditonton jutaan..!? meski tanpa ada video deskripsi, tanpa tag bahkan menggunakan judul video yang cukup simple & pendek..
Hmm... menurut saya banyak faktor penentu, kenapa video tersebut bisa ditonton jutaan view, faktor-faktor tersebut bisa ditentukan dari banyak-nya jumlah subscriber, konten video juga menarik untuk ditonton serta faktor-faktor yang lain-nya.
Nah, disini kita selaku pemain youtube yang notabene channel-nya masih se-ujung kuku.. subscriber minim atau bahkan masih nol, sangat memerlukan optimasi secara onpage. meski video mempunyai konten yang menarik, tanpa ada optimasi yang lain juga akan sulit ditemukan oleh mesin pencari di youtube.
semisal share video ke sosmed, forum-forum bertrafik tinggi, memberikan video thumbnail yang bagus dan menarik serta optimasi yang lain.

Nah, agar pemain youtube pemula tidak bingung seperti apa saja optimasi seo onpage pada video kita, maka anda perlu menyimak bahasannya pada point-point dibawah.
Optimasi tersebut terfokus pada sisi pemilihan kata kunci yang akan kita jadikan judul video, pengumpulan tag video yang akan kita gunakan sebagai deskripsi video dan lain-lain.
Agar tidak semakin panjang dan ber-belit-belit.. simak saja point-point-nya dibawah ini..
Dan tips optimasi ini adalah cara yang sudah saya gunakan sampai sekarang. dan untuk tips optimasi yang kedua, akan saya tulis di lain waktu. jadi untuk sementara, teman-teman bisa menerapkan ini pada video-video yang sudah diupload namun sama sekali belum teroptimisasi.
Pada optimisasi yang kedua, akan membahas optimasi secara fokus pada keyword tertarget. jadi butuh ketelatenan untuk memaksimalkan seo onpage video. oke.. berikut ini tips-tips optimisasinya :

Tips-nya adalah :

1. Riset Target Keyword
Selalu riset terlebih dahulu judul yang akan dipakai.. artinya keyword yang akan dijadikan judul. untuk mencari target keyword, bisa pake google keyword planner, google trends atau soovle atau sejenisnya. Disini penting untuk menentukan MAIN KEYWORD yang akan dipakai sebagai acuan untuk optimasi awal sebuah video di youtube. Tapi di sini, saya khusus membahas untuk keyword-keyword bule. bukan untuk indonesia. kalau untuk indonesia, serasa gak perlu terlalu mikirin hal ini. yang penting pinter bikin judul yang menggelitik, nakal.. saya rasa bisa dirasa dampaknya. Tapi sayang, untuk video bule tidak semudah itu.

2. Stalking Tag Video Pesaing
Setelah kita menemukan main/target keyword-nya.. misal sebagai contoh adalah “Luo Dong ASMR” langkah selanjutnya adalah.. masuk ke homepage youtube, ketikkan target keyword diatas, lalu search.. pada hasil pencarian video, cari video yang nomer satu, dua (atau setidaknya video yang jumlah view nya bejibun). buka video-video tersebut.. lalu jangan lupa.. gunakan extensi vidiq dan sejenis-nya.
Mengenai extensi ini, anda bisa melihat di artikel yang lain, berikut ini url artikel-nya :
https://koentji.blogspot.com/2016/05/tiga-extensi-google-chrome-untuk-youtuber.html
setelah video terbuka, stalking tag videonya. pantengin, tag yang mendapat rangking. nanti ada tandanya bila kita sudah memasang extensi vidiq atau yang lain ke browser yang sudah kita pakai. Setelah itu kumpulkan tag-tag itu kedalam notepad. ulangi langkah2 itu pada video yang lain yang mempunyai view banyak ataupun video yang nangkring diposisi 3 besar di hasil pencarian.

3. Combining Keyword / Tag
Setelah tag rangking dari video pesaing sudah kita copast ke notepad, lalu saatnya mem-paste tag video tersebut ke video tag milik kita... sisanya adalah merangkai tag-tag keyword tersebut menjadi puisi panjang. rangkai sehalus mungkin. dan yang perlu diperhatikan adalah jangan mengulang-ulang keyword. setelah dirasa cukup, paste hasil combining keyword tag tersebut ke video deskripsi.

4. Pembuatan Judul.
Pada bagian pembuatan judul, kita juga perlu kreatif, keahlian dalam meramu judul juga menentukan prestasi. 
Anggap saja, keyword utama yang sudah kita tentukan adalah “Luo Dong ASMR”, maka proses penentuan judul-nya bisa menggunakan keyword utama diatas.
lalu dikombinasikan dengan tag video hasil nyomot dari video pesaing (yang tentunya udah ada rangking-nya). Lalu rangkai menjadi sebuah judul video.. 
misalnya gini... : 

Luo Dong Asmr ( adalah main keyword-nya) 
Hot Spiritual Massage (Hasil dari nyomot pada tag video pesaing, ingat.. ambil tag yang udah punya rangking).

Setelah itu rangkai menjadi satu kesatuan.. atur sekreatif mungkin kedua keyword tersebut.. 
suatu misal :
This Pretty girl ejaculated when try Luo Dong ASMR Hot Spiritual Massage
Atau rancang sesuai keinginan masing-masing.. yang penting unsur judulnya menggunakan keyword yang sudah saya sebutin diatas.
Atau bisa juga menggabungkan kata kunci tertarget “Luo Dong ASMR” dengan kata kunci yang beda topik tapi juga lagi menjadi trend... misal-nya “Donald Trump
cukup mudah menggabungkan kedua judul diatas.. misal-nya nih...
“ i think Donald Trump need to try Luo Dong ASMR Massage to healing her/his stress”
Intinya seperti itu.. kreasikan sekreatif mungkin?
Dan ingat.. judul video di youtube, tidak bisa dikatakan judul paten, apabila nilai view masih juga belum ada peningkatan. saya sering rombakin judul apabila dalam sebulan masih saja loyo. bukan hanya itu.. seluruh deskripsi, tag video sampai thumbnail pun juga sering saya revisi.

5. Thumbnail Video
Bagian yang tidak boleh dilewatkan juga adalah pada bagian ini. dengan meluangkan waktu untuk membuat thumbnail video yang menarik adalah langkah yang cukup bisa dibilang bagus untuk mendongkrak viewer.
Cara-nya mudah.. cari scene-scene menarik pada video yang akan di upload menggunakan aplikasi audi video player seperti VLC Player. lalu setelah itu anda bisa mengedit-nya menggunakan aplikasi photo editor seperti photoshop, gimp atau yang lain. dan beri nama file thumbnail tersebut sesuai dengan judul video yang akan anda upload, termasuk pemberian nama pada raw video yang akan anda upload.

5 Tips Optimisasi SEO ONPAGE Video Youtube
Ilustrasi naiknya trafik video youtube

Nah... ini adalah optimasi sederhana yang sering saya pakai. tidak ada jaminan untuk bisa membuat view meledak. tapi setidaknya.. ini yang paling oke buat saya. ingat.. sekali lagi pas buat saya. belum tentu tepat buat yang lain.
Selamat dicoba, sekali lagi ini hanyalah variasi optimisasi.. bila anda punya cara lain.. mungkin bisa anda kombinasikan tips diatas.

Sampai jumpa di artikel optimisasi seo onpage youtube yang kedua.













0 comments