Cara Jitu Menaikan Jumlah View dan Earning Video Youtube Melalui Translation

cara ampuh dongkrak view dan earning video youtube dengan translation
Bagi seorang youtuber,, siapa yang tidak ingin bila video-nya bisa ditonton oleh penonton dari seluruh dunia? serta mampu mendongkrak hasil pendapatan kita di google adsense.. apabila video kita bisa dilihat oleh seluruh penonton dari negara manapun, maka juga akan memberikan peluang naiknya jumlah view pada video bahkan jika memang beruntung.. bukan tidak mungkin video kita bisa menjadi viral dan setelah itu bersiap-siaplah kita memanen dollar.
Banyak youtuber pemula menanyakan bagaimana agar view bisa meningkat pesat.. pertanyaan seperti ini jujur juga susah dijawab, karena faktor naiknya jumlah view itu banyak faktor yang menentukan, seperti kualitas konten video, optimasi seo onpage-nya seperti yang sudah saya bahas di artikel 5 Cara Optimasi SEO ONPAGE Video Youtube. dan faktor-faktor lainnya seperti share video ke media sosial ataupun media yang lainnya.

Karena rata-rata youtuber yang baru menerjuni dunia ini banyak yang tidak sabaran agar videonya bisa mendapatkan view, akhirnya bisa jadi menggunakan cara-cara yang instan atau malah menggunakan cara yang tidak diperbolehkan oleh aturan. misalnya merefresh browser berulang-ulang disaat kita membuka halaman video kita, atau mungkin bergabung dengan jasa traffict exchange seperti Hitleap, atau situs-situs serupa yang mana para anggotanya diwajibkan untuk sama-sama saling melihat daftar video yang sudah dianjurkan untuk dilihat.
Mungkin apabila anda menggunakan jasa situs traffict exchange masih bisa dikatakan aman bagi channel.. tapi apa keuntungan yang didapatkan? earning tidak didapat.. mungkin gengsi aja kali ya..? karena video sudah mempunyai nilai view.. (meski itu belum bisa mencapai 10.000 view).
karena menggunakan jasa arisan menonton video seperti yang sudah saya sebut diatas, tidaklah signifikan untuk mem-boost jumlah view. kalau hanya mampu bertahan di kisaran ratusan view dan itupun membutuhkan waktu ber-minggu-minggu.. maka mulai sekarang segera tinggalkan cara itu.
gunakanlah cara yang legit, aman dan terbukti ampuh sekali untuk mendongkrak jumlah view pada video youtube kita.

Dan pada kali ini, sesuai dengan judul artikel, saya akan membahas cara legit untuk membuat video kita bisa ditonton oleh penonton pada negara-negara tertentu.
Sudah pasti, bagi pemain youtube yang ber-afiliasi dengan google adsense, maka sasaran penonton eropa adalah target yang harus bisa dicapai agar video kita ditonton oleh penonton dari negara-negara tersebut. kenapa? karena nilai Page RPM, CPC pada target viewer eropa lebih menjanjikan ketimbang negara-negara non eropa, misal Asia. meski ada beberapa negara asia yang mampu memberikan nilai Page RPM maupun CPC yang tinggi, namun tetap tidak sebanding dengan target viewer eropa.

Dan yang jadi pertanyaan adalah,, bagaimana kita bisa mengetahui negara-negara eropa yang bisa menyumbang jumlah earning yang tinggi? jawabannya mudah sekali, karena dalam panel analytic yang sudah di sediakan oleh youtube sudah sangat cukup sekali untuk kita jadikan sumber informasi mengenai berbagai hal informasi penting lainnya.
Menggunakan tehnik yang akan saya bahas ini hanya memerlukan ketelatenan saja. jadi apabila teman-teman sudah mempunyai koleksi video yang sudah cukup banyak, dan sama sekali belum menggunakan optimisasi yang akan saya bahas, maka akan terasa enggan untuk memulai, karena cara ini benar-benar bisa menguras waktu. tapi bila anda ingin benar-benar merasakan dampak naiknya jumlah view dan earning, saran saya tambahkan optimisasi ini pasa setiap video-video anda. karena kita menggunakan fitur translation yang sudah difasilitasi oleh youtube, agar video kita bisa bertransformasi pada sisi judul, deskripsi video dan tag video dikala diakses oleh penonton dari negara-negara tertentu. Oke mari kita mulai...

Persiapan

Langkah awal adalah kita perlu melihat, negara mana saja yang perlu kita target untuk dibuatkan translation untuk video-video kita?
Hal penting yang harus kita jadikan acuan adalah Negara dari Eropa, dan negara yang bisa memberikan jumlah CPM, CPC tinggi.(umumnya adalah negara-negara eropa seperti Inggris, Swedia, Jerman dll).
Namun pada tiap youtuber akan mempunyai nilai yang berlainan, bisa jadi di channel youtube milik saya menunjukkan Jerman mempunyai nilai CPM tinggi, tapi di sisi channel yang anda miliki, negara Jerman mempunyai nilai CPM rendah.. ini hal wajar, karena ini bergantung dari Niche/Topik yang anda usung di video-video anda.

Oke.. agar tidak semakin panjang, segera buka/login ke dashboard channel youtube-nya.. lalu klik menu Analytic dan pilih Ads Rate, setelah itu lihat bagan disamping kanan layar monitor komputer anda. disitu akan terlihat beberapa daftar negara-negara yang sering melihat video-video anda, urutan paling besar adalah dari nomor satu hingga ke nomor lima. sedangkan pada kolom paling kanan, adalah nilai CPM pada masing-masing negara tersebut. bisa anda lihat contoh pada gambar dibawah ini, yang mana gambar ini saya ambil dari salah satu channel yang saya punyai.

cara ampuh menaikkan earning video di youtube

Pada garis kotak warna biru adalah urutan lima besar negara-negara yang telah menyumbangkan penonton ke video-video kita. lalu lihat pada samping kanan dibagian CPM, apabila anda ingin benar-benar mendongkrak jumlah earning.. maka cari daftar negara-negara yang mempunyai nilai CPM tinggi seperti yang sudah saya beri tanda panah.
catat list-list negara tersebut ke dalam notepad. setelah itu anda siap untuk melakukan proses penambahan translation pada video.

Penambahan Translation Video

Setelah daftar negara-negara yang mempunyai nilai CPM tinggi sudah anda kumpulkan kedalam notepad. maka langkah selanjutnya adalah menyiapkan tool gratisan seperti dibawah ini.
Anda bisa menggunakan fitur translator berbayar seperti yang sudah diberikan aksesnya oleh pihak youtube. namun bagi saya, saya tidak perlu menggunakan itu. jadi saya hanya menggunakan tool online translator seperti google translator ataupun bing translator. pilih saja mana kesukaan anda.
setelah itu beralihlah ke menu Video Manager youtube milik anda.. dan mulai lah untuk mengedit satu-persatu video milik anda untuk ditambah translation sesuai dengan negara-negara yang sudah anda kumpulkan di notepad tadi.
Selanjutnya adalah menambahkan translation-nya seperti dibawah ini..

mendongkrak view & earning video youtube dengan translation

Buka terlebih dahulu video yang akan ditambahi translation dengan mengklik Edit pada video bersangkutan, lalu pindah ke Translation, seperti contoh pada gambar diatas.
Lalu copy text dan deskripsi video yang saya beris garis kotak warna biru ke google translate atau bing translator. pada bagian language, pilih negara yang akan anda beri translation. setelah itu tinggal atur di google translate atau pun bing translator sesuai dengan negara yang akan anda buat translation-nya.
Setelah berhasil di translate.. maka anda tinggal meng-copast pada masing-masing tempat seperti yang sudah saya beri tanda tulisan berwarna merah.. untuk judul taruh di bagian translation title-nya, begitupun pada bagian video deskripsi.
lakukan berulang-ulang untuk negara lain-nya untuk masing-masing video hingga selesai. jika sudah tekan tombol Save untuk menyimpan konfigurasi.
Setelah itu anda bisa beralih ke video yang lain, tentunya yang belum anda beri translation.

Untuk bisa merasakan hasil dari penambahan translation ini, setidaknya membutuhkan beberapa hari, bisa satu minggu, dua minggu dan seterusnya.
Cara melihat hasil-nya, anda bisa menuju ke Analytic, lalu ke Translation. disitu anda kan bisa melihat, daftar negara yang sudah anda buatkan translation-nya.
Karena di menu analytic >> translation sudah terdapat beberapa negara sesuai dengan negara yang sudah anda buatkan translation, itu berarti langkah yang sudah anda lakukan diatas sudah bisa dikatakan 100% berhasil.

Cara Jitu Menaikan Jumlah View & Earning Video Youtube Melalui Translation
hasil penambahan translation dalam beberapa hari

Ringkasan

Nah.. seperti itulah cara kerja penambahan translation video di youtube. membutuhkan banyak waktu, namun percayalah.. efeknya bisa anda rasa setelah beberapa hari paska penambahan translation. maka sedikit demi sedikit view video akan meningkat di iringi jumlah earning yang juga akan ikut meningkat.
Ingat.. untuk negara yang mempunyai nilai CPM tinggi misal sampai menyentuh ke angka 30$.. maka bukan berarti setelah anda buatkan translation-nya, terus rata-rata CPM di google adsense akan memiliki nilai yang sama. setidaknya nanti akan anda rasakan nilai earning anda akan bangkit sedikit demi sedikit.
Karena untuk bisa memenuhi nilai CPM yang tinggi tersebut (dalam kasus ini negara-negara dengan CPM seperti diatas). maka untuk bisa menghasilkan CPM sesuai nilai diatas, syarat yang harus dipenuhi adalah dalam perhari,, diharuskan ada viewer dari negara yang sama (yang mempunyai CPM tinggi) dan menonton video anda dalam jumlah seribu view/per-hari.
Hal tersebut tentu sulit untuk terwujud, namun setidaknya, meski kita tidak bisa mencapai target,, namun nilai CPM akan bisa dirasakan naik sedikit demi sedikit. apabila video anda sudah mulai mengalami naiknya trafik viewer dari hari-hari sebelumnya.

Oke.. cukup skian artikel ini. semoga bermanfaat, jangan lupa tinggalkan komentar apabila mengalami kesulitan atau ada pertanyaan yang lain.

Baca juga 4 extensi google chrome yang wajib di gunakan oleh youtuber :
http://koentji.blogspot.com/2016/05/empat-extensi-google-chrome-untuk-youtuber.html

0 comments