Cara Memblokir Iklan Inject Liar Telkom Speedy IndiHome

Cara Memblokir Iklan Liar Telkom Speedy IndiHome
Mungkin bukan saya saja yang merasa jengkel dengan muncul-nya iklan injek dari pihak TelkomSpeedy IndiHome yang tanpa permisi selalu memasangkan iklan-iklan liar ke browser para pengguna layanan internet mereka.
Menurut saya apa yang dilakukan oleh pihak Telkom ini sama halnya seperti Adware. mereka sudah dibayar perbulan oleh pelanggan layanan internet mereka, termasuk saya pribadi, namun masih bisa-bisa-nya mencari keuntungan dengan menyisipkan iklan ke browser pengguna layanan internet dari TelkomSpeedy. kejadian ini tidak hanya berlaku bagi pengguna IndiHome saja, tapi seluruh pengguna TelkomSpeedy. menurut saya sekali lagi ini sungguh memalukan.
Menurut saya pihak Telkom dengan sengaja mencari keuntungan tambahan dari pihak pemasang iklan. karena bisa anda buktikan sendiri, iklan yang terpasang pada iklan injek tersebut menampilkan produk yang bukan dari pihak Telkom sendiri, yang sempat saya lihat ada iklan produk jualan, toko online dan macam-macam. Harapan saya sih setidak-tidaknya pihak Telkom mau menyadari keputusan-nya untuk meng-injek iklan tanpa permisi yang menurut saya sangat tidak pantas dan justru cenderung memalukan.

Okelah... tulisan diatas hanya sedikit luapan rasa geregetan saya, anggap saja angin lalu.
Dan kebetulan pengguna layanan telkom ini banyak, dan pastinya juga banyak para pengguna-jasa-nya mengalami hal seperti yang saya alami.
Dan apabila anda merasa terganggu, maka akan lebih baik diblokir saja serangan iklan-iklan liar tersebut. dan cara-nya sangat mudah, meskipun anda seorang pengguna awam dengan komputer, cara pemblokiran ini sangat mudah diterapkan.
Baik.. agar tidak semakin panjang lebar, akan saya tunjukkan cara pemblokiran iklan liar dari Telkom ini. disini akan saya bagi dalam dua bagian.

Cara Blokir Iklan Liar Telkom Via File Host 

Cara ini adalah cara yang cukup mudah, dengan hanya meletakkan beberapa alamat/url sumber iklan liar tersebut ke dalam file host, maka anda sudah terbebas dari iklan-iklan liar tersebut.
Bagi anda pengguna Windows, cara yang perlu anda lakukan adalah sebagai berikut:
  • Klik menu Start >> All programs >> Accessories.
  • Klik kanan pada Notepad.
  • Lalu pilih "Run as administrator"(Khusus pengguna Windows Vista keatas)
  • Didalam notepad, klik “File” >> “Open
  • Dan buka folder : “C:\Windows\System32\drivers\etc
  • Pilih All Files, bukan Text Documents.
  • Pilih file dengan nama “hosts
  • Tambahkan alamat dibawah ini ke dalam baris terakhir
# Blok Iklan Telkom Indihome
127.0.0.1 a01.uadexchange.com
127.0.0.1 cfs.uzone.id
127.0.0.1 cfs.u-ad.info
127.0.0.1 u-ad.info
127.0.0.1 cfs2.uzone.id
127.0.0.1 uzone.id
127.0.0.1 v3.mercusuar.uzone.id
127.0.0.1 mercusuar.uzone.id

Lalu simpan file host tersebut.
Dari langkah diatas, anda sudah selesai melakukan pemblokiran iklan liar dari telkom, untuk membuktikan hasilnya, silahkan buka browser anda sembari tersambung ke internet.

Sedangkan untuk pengguna Unix System (Linux, BSD, MacOS). letak file Hosts pada umumnya terletak di /etc/hosts. untuk melakukan-nya bisa melalui command line dengan akses sudo.

Cara Blokir Iklan Telkom Via HandyCache Proxy

Apabila anda pengguna proxy HandyCache, tentu akan lebih mudah lagi dalam melakukan proses pemblokiran. dengan hanya memasukkan alamat dibawah ini ke dalam Black list, maka anda sudah terbebas dari gangguang iklan-iklan liar dari Telkom. berikut ini baris-nya:
+a01.uadexchange.com
+cfs.uzone.id
+cfs.u-ad.info
+u-ad.info
+cfs2.uzone.id
+uzone.id
+v3.mercusuar.uzone.id
+mercusuar.uzone.id

Setelah selesai memasukkan semua alamat url diatas, jangan lupa untuk mencentang-nya dan setelah itu simpan konfigurasinya. setelah itu anda sudah terbebas dari gangguan iklan liar telkom. Bila anda pengguna proxy selain HandyCache, misal Squid atau mungkin yang lain... tentunya tinggal menyesuaikan setting-nya. Semoga panduan singkat ini bisa membantu serta bermanfaat buat anda yang terganggu dengan iklan-iklan liar yang disebarkan pihak Telkom, dan harapan saya... semoga pihak telkom menghentikan aktivitas seperti ini. karena kenyamanan pelanggan sudah selayaknya dimanjakan... bukan malah justru diganggu dengan keberadaan iklan demi mengeruk penghasilan tambahan. Oh ya.. apabila ada update, pasti akan saya update kembali disini. Terima kasih sudah datang ke blog sederhana ini.

1 comments: