Cara Mengatasi Claim Copyright Pada Video atau Audio di Youtube Via Dispute

Mengatasi Claim Copyright Pada Video atau Audio di Youtube
Anda pernah mengalami salah satu video anda yang sudah lama ter-upload atau baru saja diupload langsung terkena claim copyright? sehingga kejadian seperti ini akan membuat kita sia-sia dalam pembuatan video, karena video yang terkena claim copyright dari sisi audio maupun video tidak akan memberikan hasil bagi kita. karena pada umumnya.. video yang terkena claim copyright akan tidak bisa dimonetize, atau kalau saja bisa dimonetize, maka earning akan hanya mengalir ke pihak claimant. tentu ini akan membuat sia-sia bukan?
Penyebab konten video terkena claim adalah karena adanya konten material audio maupun video yang terkait dengan pihak pemilik lisensi pada video kita.

Untuk itu, agar lebih aman dalam mengolah video yang akan kita upload, maka kita perlu mengetahui konten audio maupun video yang memiliki lisensi dan diproteksi oleh content id youtube.

Perihal ini sudah pernah saya bahas diartikel yang lain, bisa anda klik ini untuk membaca-nya.
Sedangkan persoalan yang lain adalah memastikan material audio yang kita gunakan benar-benar tidak menyalahi aturan copyright. untuk melihat daftar lagu yang aman untuk di monetize, anda bisa merujuk artikel saya yang lain tentang Daftar Situs Penyedia Layanan Audio Royalty Free Untuk Video Youtube

Selain dari referensi diatas yaitu agar aman menggunakan audio berlisensi adalah menggunakan metode Fair Use. seperti apa fair use itu, akan saya jelaskan di lain artikel.
yang jelas penggunaan material audio dan video dibawah metode fair use, kita hanya diperbolehkan mengambil potongan video ataupun video hanya dalam hitungan beberapa detik saja. umumnya ada dikisaran 20 detik kebawah.
Apabila video yang terkena claim tersebut telah memenuhi standar penggunaan wajar (Fair Use) entah itu dari sisi video atau audio yang mendapatkan claim. maka saya sarankan anda untuk men-dispute claim tersebut agar dicabut oleh pihak claimant.
Pilihan untuk men-dispute ini sangat saya anjurkan apabila anda sangat meyakini bahwa anda menggunakan material audio/video benar-benar memenuhi syarat Fair use yang sudah saya sebutkan diatas.
Apabila anda memilih untuk membuang audio / video yang terkena claim, maka akan semakin menambah pekerjaan anda.
Maka dari itu, disini akan saya bahas bagaimana cara mengajukan Dispute agar claim copyright yang kita dapatkan bisa dicabut oleh pihak Claimant.
Cara ini sering saya gunakan, karena saya lebih banyak bermain video kompilasi pada channel youtube yang saya punyai.

Persiapan

Untuk menyiapkan proses dispute, maka yang perlu dilakukan adalah login ke studio creator youtube kita, dan langsung menuju ke Video Manager yang memperlihatkan daftar pelanggaran copyright yang ada pada channel video kita.
Setelah itu pilih salah satu video yang terkena claim copyright untuk kita ajukan dispute. terlihat seperti contoh pada gambar dibawah.

Cara Mengatasi Claim Copyright Pada Video atau Audio di Youtube Via Dispute

Setelah itu klik tulisan Includes Copyright Content untuk menuju halaman selanjutnya. pada halaman dibawah ini, klik tulisan File Dispute.

mengatasi claim copyright video youtube.


Lalu selanjutnya akan muncul halaman seperti dibawah, karena sebagai contoh kasus-nya adalah penggunaan fair use yang mendapatkan claim, maka saya pilih bagian yang saya beri lingkaran warna merah. lalu lanjut klik continue..

Cara Mengatasi Claim Copyright Pada Video atau Audio di Youtube Via Dispute

Dan muncul halaman seperti ini. centang bagian yang ada tanda panah merah.. lalu klik continue lagi..

Cara Mengatasi Claim Copyright Pada Video atau Audio di Youtube Via Dispute

Setelah itu muncul halaman seperti dibawah ini, ketik alasan-alasan anda serta keterangan lainnya di tanda kotak warna merah. serta isikan nama anda pada kotak bagian paling bawah. lalu selesai.. lanjut klik continue lagi.

Cara Mengatasi Claim Copyright Pada Video atau Audio di Youtube Via Dispute

Cara Mengatasi Claim Copyright Pada Video atau Audio di Youtube Via Dispute
Review ringkasan dispute anda
Setelah itu anda akan dihadapkan pada halaman ringkasan file dispute anda, disini anda dibiarkan untuk meninjau ulang apabila masih dirasa ada kekurangan-kekurangan pada keterangan atau alasan anda. jika dirasa sudah sesuai, maka klik saja tombol Submit Dispute untuk mengirim proses dispute yang sudah anda buat. hasilnya akan terlihat seperti gambar dibawah ini..

cara dispute claim copyright di youtube
Dispute berhasil dikirim
Begitulah proses dispute untuk video anda yang terkena claim copyright oleh pihak MCN. karena proses ini membutuhkan review oleh pihak MCN, maka hasil dari dispute tersebut bisa membutuhkan waktu sampai beberapa hari. jadi sabar saja untuk menunggu hasilnya. pada proses review, penghasilan dari tayangan iklan akan tetap ditampilkan, namun pada kondisi seperti ini youtube masih menahan hasil earning tersebut, hingga sampai bisa ditentukan.. siapa pemenang dispute pada claim copyright ini. apabila anda berhasil mengajukan dispute, maka earning selama anda belum mengajukan dispute, maka akan masuk ke adsense anda. dan apabila dispute anda di tolak, maka earning akan tetap masuk ke pihak MCN yang memproteksi copyright pada konten audio/video yang telah dikenai claim.

Oke.. akhir kata cukup sekian, semoga artikel sederhana ini bisa membantu anda yang mungkin merasa panik dikala melihat salah satu atau beberapa video terkena claim.
saran saya, tetap tenang, sembari mengevaluasi video yang terkena claim tersebut, apakah layak untuk di dispute atau tidak. bila layak.. segera lakukan dispute agar hasil kerja anda tidak sia-sia.

Apabila anda ingin menanyakan beberapa pertanyaan, silahkan tuliskan komentar..
dan sampai jumpa di artikel berikutnya.

Baca juga artikel lainnya :
List Website Penyedia Layanan Audio Royalty Free, Aman Untuk Monetisasi Video Youtube

Bagi yang ingin memaksa, ikuti panduan video dibawah ini:


0 comments