TipsKunci - Cara Menghapus URL Page Not Found Di Google Webmaster Tools 2017

Cara Menghapus URL Page Not Found Di Google Webmaster Tools 2017
Perlukah kita menghapus URLs PAGE NOT FOUND 404 pada blog kita?  dan apa alasan saya untuk menghapus url yang sudah rusak pada blog ini? jawaban saya simple saja sih sebetulnya, sebagai orang yang bukan pakar SEO, alasan untuk menghapus tautan yang rusak ini adalah agar bener-benar hilang dari hasil pencarian di google, karena apabila terlalu banyak tautan yang rusak tersebut, menurut saya akan membuat calon pengunjung blog merasa kecele, lalu mereka berusaha mencari alternatif yang lain pada blog yang bisa menjawab apa yang mereka cari.
Seharusnya calon pengunjung sudah datang ke blog milik kita, akhirnya malah lari ke blog lain... kan jadi terasa eman gitu. ini sih kemungkinan terburuk. soalnya tiap-tiap calon pengunjung hanya berfikir instan untuk mencari jawaban dari pertanyaan-nya. sangat kecil kemungkinan apabila seorang calon pengunjung kesasar pada tautan blog kita yang rusak, lalu berusaha membuka homepage blog kita dan mencari apa yang ia butuhkan. kebanyakan pasti mencari jawaban yang ia cari ke blog yang lain. saya rasa masuk akal bukan?!

Penyebab URL Error Page Not Found

Apa sih yang menyebabkan banyak ditemukannya url page not found 404 pada blog kita? menurut pengamatan saya disebabkan oleh beberapa hal. diantaranya disebabkan oleh :
Menghapus halaman posting, menghapus page yang sudah kita buat, mengganti template blog yang terdapat banyak tautan, menambah serta mengganti kotak komentar yang mana pada kotak komentar tersebut ada tautan-tautan link dari pihak pengunjung dan lain-lain.
Memang susah untuk meminimalisir hal seperti ini. karena seorang blogger harus berada pada satu ikatan sistem yang diterapkan oleh search engine, dalam hal ini adalah Google, Bing atau mungkin yang lain.
Namun apabila kita tidak pernah mengaitkan blog/web kita ke mesin crawling semacam Google Webmaster dan sejenisnya, saya rasa anda tidak perlu memikirkan persoalan seperti ini. tapi... correct me if iam wrong.. heheheheeee... maklum, bukan pakar blogging.

Menghapus Permanen Url Error Page Not Found

Dan untuk menghapus secara permanen pada url error page not found pada blog yang sudah dikaitkan ke Google Webmaster, maka ikuti langkah-langkahnya seperti dibawah ini, ingat... anda mesti telaten melakukannya, karena proses penghapusan-nya menggunakan langkah manual. karena sampai saat ini pihak Google belum memfasilitasi proses penghapusan dengan satu-dua klik saja. berikut ini langkah-langkahnya:

  • Masuk lah ke Google Webmaster Tool, pastikan sudah sign in ke akun google.
    atau gunakan tautan dibawah ini, lalu ganti pada bagian warna merah dengan alamat blog milik anda:
    https://www.google.com/webmasters/tools/crawl-errors?hl=en&authuser=0&siteUrl=alamat_blog_anda
  • Pilih Blog yang bersangkutan.
  • Pilih menu Crawl >> Crawl Errors, bisa melihat contoh gambar dibawah ini:
cara menghapus url error page not found
  • Lalu download daftar url error tersebut. apabila terdapat banyak url error, maka download, lalu pilih Google Docs. agar anda tidak perlu repot membukanya menggunakan Microsoft Exel.
Download daftar url error page not found

  • Setelah itu buka Google Docs yang terbuka pada tab baru, lalu copy satu persatu url error yang akan di hapus dari hasil pencarian. ikuti langkahnya pada gambar dibawah ini:
Cara Menghapus URL Page Not Found Di Google Webmaster Tools
Gambar 1
  • Setelah ter-copy, pindah ke bagian Google Index, lalu pilih Remove URLs:
langkah menghapus url page not found 404
Gambar 2
proses penghapusan url page not found
Gambar 3
Dari langkah ini, proses penghapusan telahselesai, apabila url error milik blog anda banyak, ulangi langkah pada gambar ke 1 sampai gambar 2 hingga benar-benar memasukkan semua url error tersebut.
Setelah itu, langkah paling akhir pindah lagi ke Crawl >> Crawl Errors, lalu centang dibagian URLs yang error, setelah itu klik tombol MARK AS FIXED seperti contoh gambar dibawah:

Cara Menghapus URL Page Not Found Di Google Webmaster Tools 2017

Begitulah proses penghapusan URLs PAGE NOT FOUND melalui Google Webmaster Tools, caranya cukup mudah, namun kekurangannya tidak ada fasilitas yang lebih cepat untuk menyingkat langkah, sehingga kita perlu melakukan pernghapusan satu persatu pada url error tersebut.

0 comments