Cara Meningkatkan Earning Youtube Dengan Iklan Non-skippable Video Ads

Pertanyaan pada judul artikel ini seringkali ditanyakan oleh youtuber. perlukah untuk meningkatkan earning dengan mengajukan permohonan iklan non-skippable ke pihak youtube?
Sebelum kita berbicara soal earning.. akan lebih baik apabila kita membahas kekurangan serta kelebihan pada iklan jenis non-skippable ini.
karena menurut saya, tidak berarti menggunakan iklan jenis ini akan selalu bisa meningkatkan pendapatan, bahkan bisa-bisa video kita tidak jadi ditonton oleh viewer.
Ada beberapa alasan, kenapa dan kapan kita harus menggunakan iklan jenis non-skippable pada youtube.
Untuk para youtuber yang ingin video-nya mendapati iklan jenis ini tidaklah mudah. karena jenis iklan non-skippable harus melewati proses review oleh pihak youtube.
semua orang yang mempunyai channel di youtube bisa mengajukan, namun tetap ada beberapa hal yang perlu ditinjau oleh pihak youtube.

Menurut saya, untuk bisa mendapatkan / diterima proses pengajuan iklan jenis ini.. setidaknya channel kita harus mempunyai subscriber yang berjumlah banyak, mempunyai engagement tinggi.
jadi tidak sembarang channel bisa disetujui pengajuan-nya.
Memang tidak ditulis jelas, syarat seperti apa agar permohonan iklan non-skippable ini dapat diterima oleh pihak youtube.. karena menurut pengamatan saya, saya sering melihat tayangan iklan jenis non-skippable tersebut ada di channel-channel yang bisa dikatakan mempunyai jumlah subscriber yang banyak.. misal 50K subscriber hingga lebih.
Sampai saat ini, saya sendiri belum pernah terfikirkan untuk mengajukan permohonan iklan jenis non-skippable, karena dari sisi pertimbangan subscriber pun pasti akan ditolak. selain itu disisi video-video yang saya punyai, saya rasa tidak pas bila terdapat iklan seperti ini.

Meskipun channel anda sudah mempunyai jumlah subscriber yang besar serta mempunyai rating engagement yang bagus pada tiap-tiap video yang anda punyai.
menurut saya, ada beberapa hal yang harus kita jadikan pertimbangan, sebelum mengajukan-nya ke youtube.. dan dibawah ini akan saya bahas secara satu-persatu agar lebih padat dan jelas.

Jenis Jenis Format Iklan di Youtube

jenis-jenis format iklan di youtube
6 Jenis format iklan di youtube
Pada screenshoot diatas, kita bisa melihat beberapa jenis format iklan yang ada di youtube.
setidaknya ada 6 jenis format iklan. bagi seorang youtuber tidak perlu pusing memikirkan bagaimana memasang kode iklannya ke video. karena jenis iklan di youtube tidak sama dengan iklan yang ada di blog/web, yang mana pemilik konten web/blog harus memasang kode unit iklan-nya, secara manual ataupun dengan bantuan plugin (bagi pengguna wordpress).
tapi di youtube, semua iklan sudah diatur otomatis. kita hanya mengurus bagian produksi video saja.

Iklan Jenis Apa Yang Mampu Mendongkrak Earning Youtube

Nah.. dari sekian jenis format iklan di youtube.. yang mana sih yang bisa menyumbangkan earning tinggi? ini menurut pandangan beberapa master-master youtube, urutan-urutan-nya seperti dibawah ini :

  • Non-skippable in-stream ads (iklan yang harus ditonton dalam rentang 15-20 detik) (CPC Tinggi)
  • Bumper ads (hampir mirip dengan Non skippable. hanya beda di rentang waktu. lihat gambar)
  • Skippable video ads (iklan bisa kita skip setelah melewati waktu 5 detik)
  • Display ads ( terdapat di pojok kiri atas tepat disamping video)
  • Overlay ads ( yang umum terdapat di atas player video)
  • Sponsor card.

Syarat Apa Agar Bisa Mendapatkan Iklan Non-Skippable Video Ads?

Seperti yang sudah saya tulis diatas, tidak ada aturan yang jelas mengenai syarat agar pengajuan diterima. menurut saya adalah, sebelum mengajukan permohonan ini, pastikan channel yang anda punyai sudah mempunyai subscriber besar, video-videonya pun juga mempunyai nilai view tinggi.
Namun tetap tidak ada salahnya bila anda tetap ingin mencoba mengajukan permohonan iklan jenis ini. dan bila anda ingin mencoba mengajukannya. anda bisa klik tautannya di akhir post.

Keuntungan Iklan Non-Skippable Video Ads?

Seperti yang sudah kita ketahui, banyak sekali para youtuber entah itu di grup diskusi di facebook, forum dan yang lain. selalu mendamba-dambakan untuk mendapatkan iklan jenis ini. karena iklan jenis ini adalah iklan egois. penonton diwajibkan melihat tayangan iklan hingga selesai dalam rentang waktu 15 hingga 20 detik.
sangat beresiko, tapi tentunya pengiklan berani membayar lebih daripada pemasang iklan yang menggunakan format yang lain.

Kekurangan dari Iklan Non-Skippable Video Ads

Jangan hanya fokus ke earning, jika permohonan anda telah diterima oleh pihak youtube, bukan berarti earning akan terus merangkak naik, setelah iklan jenis ini sudah ada di video-video milik anda. ada juga kemungkinan buruknya. misalnya calon penonton akan kabur terlebih dahulu, karena diharuskan menonton tayangan iklan selama 15-20 detik.
Seharusnya video lebih dapat banyak view, akhirnya karena iklan jenis ini, video lebih sedikit di view. bisa dibayangkan.. penonton akan mencari-cari tombol skip yang tidak diketemukan, dan pada akhirnya akan beralih ke video lain.. tentu hal seperti ini tidak kita inginkan.
dan bisa dikhawatirkan juga bisa berimbas pada turun-nya jumlah subscriber, apabila tiap-tiap video terdapat iklan jenis ini.

Kapan Kita Perlu Memasang Iklan Jenis Non-Skippable Video Ads?

Ini adalah bagian terakhir dan penting untuk kita ketahui, karena jenis iklan ini masih mempunyai sisi bagus dan sisi buruk (bukan buruk sih.. cuma beresiko kurang baik pada engagement video).
Jika anda bertanya kapan kita perlu mengajukan permohonan iklan jenis Non-skippable ke pihak youtube? maka akan saya rinci seperti point-point kelayakan-nya dibawah :
  1. Video anda mengusung topik tutorial
  2. Video anda membahas tips-trik yang bersifat rahasia untuk urusan tertentu
  3. Video anda membahas hal-hal yang penting atau bahkan wajib untuk dilihat
  4. Video anda tidak mengusung topik-topik yang bersifat umum, tidak unik, tidak menarik.
  5. Video anda mempunyai trafik pencarian tertinggi dari search engine.
  6. Anda tidak peduli bila kehilangan subscriber atau kehilangan tingginya engagement dll.


Cara Permohonan Iklan Non-skippable Video Ads

Bila anda sudah merasa yakin setelah membaca uraian yang sudah saya jelaskan diatas, maka anda tinggal mengirimkan pengajuannya ke pihak youtube.
cukup mudah, anda hanya perlu mengunjungi tautan dibawah ini dan lalu mengisi form-nya.
Form Permohonan Non-Skippable Video Ads Youtube 

 Sampai jumpa di artikel lainnya.

Baca Juga Cara Meningkatkan Earning Video Youtube Dengan Fitur Translation

0 comments