Daftar Situs Penyedia Musik Library Gratis Untuk Video Youtube

Daftar Situs Penyedia Musik Royalty Free Untuk Video Youtube Anda
Resiko claim copyright
Kenapa seorang youtuber wajib mengetahui tempat penyedia musik library royalti free?! ini pertanyaan yang mungkin akan ditanyakan dalam benak seorang youtuber yang masih baru.
Sangatlah penting bagi seorang youtuber untuk mengetahui hal ini, karena bermain-main video di youtube dibutuhkan ke hati-hatian dalam meracik video, terlebih bila kita ingin menyertakan unsur-unsur lagu yang notabene bukan ciptaan kita sendiri. jika kita abai dalam persoalan ini, maka sanksi / strike copyright akan diberikan pada channel youtube kita.
Tentu ini juga akan berimbas tidak bagus pada channel yang sudah atau akan kita jadikan mesin penghasil uang.
Terlebih sanksi claim copyrigth yang kita dapatkan melalui proses manual claim.. ini tentu akan sangat lebih berbahaya lagi. bila kita dalam satu kesempatan ada pihak yang meng-claim tiga buah video yang mengandung copyright pada channel youtube kita, maka saat itulah channel kita bisa langsung di suspend oleh pihak youtube. tentu hal ini tidak pernah kita inginkan bukan?
Maka dari itu, kita butuh berhati-hati dalam menyeleksi materi lagu (audio) maupun materi-materi lainnya yang akan kita jadikan bahan pembuatan video.

Dan karena pada artikel ini saya membahas dalam persoalan elemen audio, maka yang saya bahas adalah perihal audio saja.
Sebelum anda melangkah lebih jauh dalam menekuni dunia video di youtube, entah anda seorang vlogger, ataupun pemain youtube yang suka dibelakang layar, ada beberapa hal yang patut anda ketahui sebelum memulai proses post production.
hal ini bertujuan agar kita bisa terhindar dari claim copyright yang dihasilkan oleh proses content id youtube, ataupun claim copyright secara manual oleh pihak pemilik lagu maupun video.

Apa saja yang perlu anda perhatikan agar terhindar dari claim copyright khususnya pada elemen audio?

Langkah-langkahnya :

  • Jika anda seorang konten video creator yang membuat video dari hasil rekam video sendiri menggunakan kamera apapun, pastikan disaat proses perekaman, tidak ada suara-suara musik yang dihasilkan dari sumber-sumber yang lain. entah itu suara dari teman anda yang lagi muterin lagu entah memainkan lagu dengan gitar atau apapun sumbernya, yang hingga akhirnya terekam oleh kamera video. maka pastikan untuk mengulang proses rekaman videonya hingga tidak ada satupun suara lagu-lagu yang beresiko menerima claim copyright. tapi apabila anda hanya butuh mengambil gambar video-nya saja, maka hal ini bisa anda abaikan.
  • Selalu pastikan bahwa lagu yang akan anda gunakan benar-benar berlisensi Royalty Free. untuk memastikannya anda bisa cek ke situs resmi penyedia lagu. namun bila anda menemukan kesulitan, anda bisa mencari tahu di layanan yang ada di youtube, daftar lagu apa saja yang tidak layak untuk anda gunakan file pendukung video yang akan anda monetisasi kelak.
Dan setelah anda memahami point diatas, maka yang perlu anda ketahui adalah tempat sharing lagu yang bebas anda gunakan untuk kebutuhan video anda agar syah dan aman untuk channel youtube anda. dan anda pun bisa memotize video yang sudah anda beri lagu-lagu royalti free tersebut.
Dan agar tidak semakin panjang.. anda bisa melihat daftar-daftar situs penyedia musik / lagu Royalti Free dibawah ini :

Sumber dari website :
  • https://www.joshwoodward.com/
  • http://www.audiomicro.com/royalty-free-music
  • https://audiojungle.net/?ref=Urgo&ref=Urgo&clickthrough_id=776290183&redirect_back=true
  • http://www.royaltyfreemusic.com
  • http://www.music4yourvids.co.uk/pages/indexpag.html
  • http://www.freetech4teachers.com/2012/06/5-sources-of-free-sound-effects-and.html
  • http://www.entropymusic.com
  • http://www.stockmusic.net
  • http://www.musicbakery.com
  • http://danosongs.com
  • http://creativecommons.org/legalmusicforvideos
  • http://freemusicarchive.org
  • http://podsafeaudio.com
  • http://incompetech.com/m/c/royalty-free
  • http://soundbible.com
  • http://www.jamendo.com
  • http://www.neosounds.com
  1. Sumber dari youtube :
  1. https://www.youtube.com/user/NoCopyrightSounds
  2. https://www.youtube.com/channel/UCht8qITGkBvXKsR1Byln-wA
  3. https://www.youtube.com/channel/UCIe3BQ6Hm27Jxdc5MWuJuYQ
Untuk sumber penyedia musik royalti free di situs youtube bisa anda cari sendiri, terlebih dari pihak youtube sendiri sudah memberikan kita fitur untuk mengakses audio royalti free yang bisa kita gunakan tanpa perlu merasa khawatir akan terkena claim copyright.
dan bahkan kitapun juga bisa mendownloadnya dengan mudah, untuk mengaksesnya.. anda bisa meng-copy url dibawah ini, pastikan anda sudah login ke youtube terlebih dahulu :
https://www.youtube.com/audiolibrary/music
Dan.. akhirnya cukup sekian tulisan artikel ini, semoga bisa berguna buat teman-teman agar bisa lebih mudah dalam mencari musik/audio yang berlisensi Royalti Free. sehingga anda akan lebih bisa memanajemen channel anda agar terhindar dari claim copyright.

Akhir kata... Wassalam!! kita jumpa lagi di sesi artikel yang akan datang.

0 comments