Solusi Mengatasi Ikon Dollar Yang Ter-Disable Pada Video YouTube

Solusi-Mengatasi-Ikon-Dollar-Yang-Ter-Disable-Pada-Video-YouTube-compressor
Tentu teman-teman YouTuber pernah dikagetkan dengan kejadian ikon dollar pada video yang awal mulanya aktif, tiba-tiba berubah menjadi non-aktif berganti menjadi ikon dollar yang tersilang.
Sebetulnya hal ini adalah hal biasa semenjak dulu. tapi mungkin ada beberapa YouTuber yang belum mengerti tentang alasan kenapa tiba-tiba video tidak bisa dimonetisasi, tidak melanggar copyright, namun ikon dollar menjadi seperti itu.

Pada pengalaman yang saya alami.. penyebab video yang tiba-tiba monetisasi-nya menjadi non-aktif adalah disebabkan konten video kita yang tidak bersahabat dengan pihak advertiser (pengiklan).
Umum-nya, kita mengunggah video dengan memberikan keterangan yang tidak bersahabat dalam aturan Advertiser Friendly yang diterapkan oleh YouTube.
Beberapa diantaranya adalah dari sisi pemberian judul, gambar mini (thumbnail), deskripsi video serta informasi meta (tag video).

Lantas, seperti apa video-video yang tidak Advertiser Friendly tersebut?
jika kita merujuk pada bantuan keterangan di YouTube Help, disitu dijelaskan dengan sangat detil seperti apa saja konten-konten yang tidak bersahabat dengan pihak pengiklan.

Beberapa diantaranya adalah seperti point-point dibawah ini yang saya ambil dari Pusat Bantuan YouTube:


Ciri-ciri Video Youtube Yang Tidak Advertiser Friendly:

Konten yang dianggap "tidak ramah pengiklan" termasuk, tapi tidak terbatas pada:

  1. Konten yang mengarah ke hal-hal yang bersifat seksual, termasuk ketelanjangan sebagian dan humor seksual
  2. Kekerasan, termasuk penayangan cedera serius dan kegiatan yang berkaitan dengan kekerasan ekstrem
  3. Bahasa yang tidak pantas, termasuk pelecehan, ketidaksenonohan, dan vulgar
  4. Promosi obat-obatan terlarang dan zat-zat kimia yang diawasi, termasuk penjualan, penggunaan, dan penyalahgunaan barang-barang tersebut
  5. Subjek dan acara yang kontroversial atau sensitif, termasuk subjek yang berkaitan dengan perang, konflik politik, bencana alam dan tragedi, walau tidak menampilkan gambar kekerasan yang mencolok.
Dari keterangan diatas, tentu teman-teman bisa meng-evaluasi, kenapa video yang dimiliki tiba-tiba tidak bisa di monetisasi.

bisa jadi disebabkan dari pemberian judul yang sesuai dengan pelanggaran diatas, atau mungkin syarat-syarat tersebut ada pada bagian thumbnail video serta keterangan yang lain, misal di deskripsi video hingga ke bagian meta video (video tag).

Apabila benar, segera revisi hal-hal yang berkaitan dengan kata kunci yang berhubungan dengan kekerasan, pornografi, obat-obatan terlarang atau mungkin kata-kata yang berhubungan dengan korban kecelakaan, korban perang serta kata-kata kunci lain yang berhubungan dengan kata-kata yang tidak pantas seperti yang tertulis pada point-point diatas.

Resiko Lain:

Perlu diketahui, bahwa dengan sering-nya kita meng-upload video yang tidak Advertiser Friendly, dapat memberikan resiko buruk pada kita, yaitu dinon-aktifkan-nya adsense milik kita secara permanen. hal itu sudah disebutkan secara jelas pada tautan yang sudah saya cantumkan diatas, yang menjelaskan bahwa:
Jika bagian mana pun dari video Anda mengandung salah satu hal di atas, maka video tersebut mungkin tidak akan disetujui untuk monetisasi. Jika monetisasi disetujui, video Anda mungkin tidak memenuhi syarat untuk semua format iklan yang tersedia. YouTube berhak untuk tidak memonetisasi suatu video, dan menangguhkan fitur monetisasi pada saluran yang berulang kali mengirimkan video yang melanggar kebijakan kami.
Jadi dari keterangan yang saya quote dan saya beri tanda merah diatas cukup jelas sekali, apabila kita seringkali mengupload video tanpa berhati-hati dalam persoalan "Advertiser Friendly" ini, maka akan beresiko akun adsense akan ditangguhkan. tentu ini jadi momok bagi siapa saja yang mengais rejeki sebagai publisher google.

Pengajuan Peninjauan

Dalam hal ini, pihak YouTube juga memberikan kesempatan bagi pihak YouTuber apabila terdapat kesalahan pada salah satu atau beberapa video yang dianggap tidak Advertiser Friendly namun menurut anda masih memenuhi syarat untuk dimonetisasi.
yang perlu dilakukan adalah mengajukan peninjauan ulang agar video tersebut bisa aktif kembali monetisasinya. cara-nya adalah dengan mengunjungi tautan dibawah ini:
Peninjauan Manual
Dari penjelasan singkat diatas, semoga teman-teman lebih bisa berhati-hati dalam memilah dan memilih video maupun pemberian judul, deskripsi video, tag video hingga thumbnail video yang bersahabat dengan pihak pengiklan. karena jika kita mengabaikan ini dan melakukan ber-ulang-ulang, resiko yang kita tanggung adalah penangguhan monetisasi secara permanen. tentu hal ini sangat tidak kita inginkan bukan?

Oke.. cukup sekian artikel mengenai Tips YouTube di blog Tips Kunci ini, semoga bisa membantu dan menambah wawasan teman-teman sekalian sebelum menerjuni dunia YouTube untuk mengais rejeki secara aman dan tahan lama.

Sumber Informasi

Baca Juga Tips Trik YouTube Bermanfaat Lainnya

0 comments