Video Jelas Melanggar Aturan Komunitas YouTube, Kenapa Masih Aman? Ini Penjelasannya!

Video Youtube Jelas Melanggar Aturan Komunitas, Kenapa Masih Aman? Ini Penjelasannya!
Mungkin banyak diantara kita selaku pemain YouTube mengetahui beberapa video yang telah beredar dengan jelas melanggar aturan komunitas, namun masih aman-aman saja..
Tentu ini menyakitkan bagi beberapa YouTuber lain yang pernah menjadi korban strike, padahal video-nya sama sekali tidak melanggar aturan Komunitas ataupun aturan Copyright, betulkan..?! serasa tidak adil bukan..?!
Nah.. disini kita harus memahami, bahwa system yang diterapkan dalam YouTube itu ada dua macam. nanti ini akan saya jelaskan dibawah.
Seringkali kita temukan video-video yang melanggar aturan Komunitas, tentunya seperti apa saja aturan Komunitas pada YouTube, kita pun juga sudah mengerti.
Seperti penerapan tehnik missleading, spamming dll.. bisa dibagian judul video, thumbnail video, deskripsi video serta tag video.
Motif-nya bermacam-macam, bisa dengan metode Click Bait, menggunakan thumbnail yang tidak mewakili konten video, pemberian tag video yang juga tidak relevan dengan konten video dan lain-lain.

Dua Jenis Aturan YouTube

Di dalam aturan yang diberlakukan YouTube terdapat dua macam aturan umum, diantaranya adalah:
  • Copyright Guidelines
  • Community Guidelines
Pada masing-masing rule diatas mempunyai fungsi dan mekanisme berbeda. karena dua aturan diatas tadi dibuat untuk kondisi yang berbeda-beda.
Penjelasannya ada dibawah ini, nanti akan semakin mencerahkan kepada anda, kenapa beberapa video yang jelas-jelas telah melanggar aturan komunitas masih saja aman...!?

contoh pelanggaran tag spamming di video youtube
sampel pelanggaran tag spamming
missleading dan clickbait pada youtube
sampel missleading dan clickbait pada judul

Copyright Guidelines

Pada jenis aturan ini, kontrol aturan sepenuhnya ditangani oleh "ROBOT" atau sebuah algoritma yang di buat untuk mendeteksi setiap video yang di upload oleh para YouTuber ke channel milik mereka.
Ketentuan variable nya adalah, apakah meta video melanggar aturan copyright?! misal di sisi audio ataupun disisi video. dan sistem ini berkaitan dengan Content ID match yang sudah di buat oleh pihak YouTube untuk mencocokkan konten audio dan video yang berkaitan dengan copyright itu sendiri.
Apabila video yang telah di upload tersebut MATCH dengan Content ID video pada channel YouTube yang lain, maka video kita akan dikenai tanda pelanggaran copyright, sehingga video tersebut tidak dapat kita monetisasi, block world wide, atau kemungkinan terburuk, kita bisa mendapatkan strike.
Intinya, Copyright Guidelines dihandle oleh bot yang diciptakan oleh pihak YouTube. dan untuk mengatasi solusi seperti ini, bagi beberapa YouTuber menggunakan metode cropping video, pitching audio dan tehnik variasi yang lain agar bisa mem-bypass content id match.. agar video bisa di monetisasi.

Community Guidelines

Nah.. ini inti topik pada judul artikel ini. kenapa banyak kasus video bermasalah dan melanggar aturan komunitas YouTube, namun masih tetap aman-aman saja..?!
Pada penerapan tehnik aturan ini memang berbeda dengan aturan Copyright Guidelines. bila dalam persoalan Copyright, YouTube menggunakan bahasa pemrograman-nya, atau kata lainnya menggunakan Bot. maka penerapan pada aturan Community Guideline, YouTube menyerahkan-nya kepada pengguna YouTube itu sendiri. kenapa bisa seperti itu?
Karena sistem youtube tidak bisa mendeteksi, apakah video yang di upload adalah jenis video pelanggaran atau tidak.. misal apakah video itu mengandung unsur pornografi atau tidak, apakah video tersebut mengandung konten kekerasan atau tidak, apakah judul video menipu (missleading) dengan konten video atau tidak dan seterusnya.
Nah... disini keterbatasan-nya.. akhirnya mau tidak mau pihak YouTube menyerahkan sepenuhnya kepada para pengguna YouTube sebagai pihak pengadil.
Tentu ini bisa menjadi celah bagi orang-orang tengil untuk melakukan Abuse, False Flag pada video-video yang sejujurnya tidak bermasalah, namun dilaporkan sebagai video bermasalah dan melanggar aturan komunitas. tentu ini sudah sangat tidak fair. umumnya kegiatan seperti ini lebih didorong oleh rasa kecemburuan atau niatan negative lain-nya atas keberhasilan channel yang sudah di false flag tadi.
Penerapan sistem Community Guideline ini sama halnya dengan sebuah sistem demokrasi. apabila banyak orang yang menganggap video anda salah, maka video anda akan di eksekusi oleh sistem youtube untuk di takedown, terlepas video anda melanggar atau tidak... semua masalah itu tergantung sudut pandang masing-masing orang.
Bahkan saya sendiri sempat mendebat salah satu forum contributor yang cukup senior di YouTube produk forum.
Saya sempat menanyakan kepada mereka mengenai topik Video Tutorial Ibu Menyusui Bayi.
saya menanyakan, apakah ini tidak melanggar aturan komunitas?! hanya dengan memberikan tambahan kata kunci "Tutorial" lalu konten video yang cenderung vulgar menunjukkan payudara seorang ibu-ibu yang menyusui anak-nya dan cenderung bergaya menggoda penonton tidak dianggap tidak sebagai konten dewasa? dan bisa diview jutaan dan melenggang bebas tidak ada sanksi apapun.
sedangkan melihat dari sisi para pengomentar, yang ada hanyalah menjurus ke arah sexual, karena pemeran dalam video tersebut memang membiaskan isi video dengan penambahan kata Tutorial pada judul videonya.
Apa jawaban yang diberikan kepada saya..? forum contributor mengatakan bahwa: "Itu semua tergantung dari sudut pandang masing-masing person".

Lalu saya jawab, "Oke, kalau begitu.. saya pun diperbolehkan meng-upload video serupa, saya akan menyuruh ibu-ibu cantik untuk berpura-pura menyusui bayi-nya sambil bergaya menggoda sembari menunjukkan area payudara-nya.. dan saya juga berhak menolak jika video yang saya unggah dituduh sebagai video yang melanggar aturan.. bagaimana menurut anda?!"

Saya berikan pertanyaan seperti itu, pihak forum contributor menjawab.. "Waduh.. saya rasa ini persoalan yang sulit juga.." intinya seperti itu ­čśů.

Sistem Community Guideline ini lebih tepatnya bisa disebut dengan sistem Demokrasi, suara terbanyaklah yang akan menjadi penentu sebuah keputusan.. terlepas keputusan itu benar-benar "Salah ataupun Betul".
Terlepas apakah pihak pem-VOTING yang melakukan voting terbanyak itu benar-benar berlaku adil dan benar atau berlaku culas.. kita pun harus menerima hasil keputusan.
meski dalam sistem YouTube masih memberikan opsi banding, namun kecil kemungkinan appeal kita diterima apabila salah satu dari video kita di "False Flag Secara Massive".

sistem demokrasi youtube
Demokrasi itu
Nah.. jadi dari sini kita bisa memahami, kenapa video yang melanggar aturan komunitas masih tetap aman dan bisa ditonton..?! karena satu alasan, tidak ada pihak yang mau me-Report/Flagging video tersebut dengan laporan telah menerapkan unsur pelanggaran tertentu.

image source : dari bebagai sumber

Baca Juga Tips Penting Mengenai Youtube Lainnya dibawah ini :

Tips dan Trik Tutorial YouTube

0 comments