Kelebihan Serta Kekurangan YouTube dan Dailymotion


Kelebihan Serta Kekurangan YouTube dan Dailymotion

Kali ini saya akan menulis tentang perbedaan atau mungkin lebih tepat di tulis apa kelebihan serta kekurangan antara YouTube dan Dailymotion. dan tentu ini menurut hasil pengamatan saya pribadi.
Masing-masing adalah sama-sama sebagai situs video streaming dan juga memberikan kesempatan bagi pengguna-nya untuk memonetisasi video.
Sudah pasti, dalam dunia video streaming, YouTube sudah menjadi ikon dan mempunyai tempat dikalangan mayoritas netizen, tidak seperti Dailymotion yang mungkin masih terdengar asing.
Artikel yang saya tulis ini merupakan hasil dari pengamatan saya pribadi. setelah kejadian kapan hari yang mana channel YouTube yang saya miliki telah di hapus sampai habis bahkan saya pun tidak diberikan hak untuk mengakses layanan tersebut. meski pada akhirnya akses itupun diberikan lagi ke akun google saya. namun untuk menjaga kejadian yang sama, maka saat ini selain mengunggah video-video saya ke YouTube, saya pun juga mengunggah-nya ke Dailymotion.
dan dari sinilah saya mencermati, sisi-sisi kelebihan serta kekurangan dari kedua situs video streaming tersebut.
Dan disini saya tidak membahas berapa hasil yang saya dapatkan dari Dailymotion, karena itu bukanlah hal yang penting, toh selain itu saya juga masih baru saja menggunakan layanan di Dailymotion. oke langsung saja...

Kelebihan YouTube VS Dailymotion

1. Populer VS Kuda Hitam.
Bukan tanpa sebab jika YouTube menjadi situs video streaming yang begitu populer, karena apa? dengan didukung Search Engine Google, maka sangat mudah sekali video-video di YouTube bisa ditonton melalui hasil pencarian di Google, selain itu Google adalah perusahaan yang bisa dibilang sebagai perusahaan besar yang memiliki banyak layanan serta didukung oleh orang-orang berkompeten didalam-nya... wajar tidak!? maka dari itu, seorang content creator yang menggunakan layanan di YouTube akan lebih mudah mendapatkan view daripada di Dailymotion.

2. Earning Jelas, Analytic Jelas VS Minimalis.
Jika anda pernah mengais dollar di situs YouTube, tentu kita akan diberikan data statistik mengenai berapa earning yang kita dapat, kita bisa mengamatinya melalui dashboard Adsense yang dibuat terpisah dari YouTube ataupun hanya melihat ringkasan pendapatan kita di menu analytic yang ada di YouTube, berapa value CPM, CPC dan yang lain. dan pada menu analytic, kita juga diberikan data-data informasi apapun dengan sangat spesifik dan jelas. sehingga fitur-fitur ini sangat berguna sekali bagi seorang content creator untuk mengevaluasi video-video-nya. dan ini fitur yang sangat canggih yang masih belum mampu di miliki oleh Dailymotion (setidaknya untuk saat ini).

3. Dukungan MCN
Bagi para content creator di YouTube, dengan adanya dukungan MCN akan lebih memberikan kemudahan serta variasi untuk memilih layanan untuk memonetisasi video-video yang dimiliki. jika seorang YouTube content creator tidak merasakan kepuasan dengan Adsense, maka mereka bisa mencari solusi lain, yaitu bergabung dengan MCN untuk menghandle urusan tersebut. selain itu MCN dipercaya mampu memberikan split earning yang lebih tinggi dibandingkan dengan Adsense. hal ini masih belum dimiliki oleh Dailymotion, setidaknya untuk saat ini.

Sedangkan solusi lain yang ditawarkan oleh Dailymotion untuk saat ini adalah selain kita bisa memonetisasi video di Dailymotion, kita juga bisa memonetisasi website yang sudah diverifikasikan ke Dailymotion untuk sarana mengais dollar dengan menyematkan video-video ke website kita.

4. Kaya Fitur VS Minim Fitur
Sudah pasti, di YouTube lebih banyak terdapat fitur-fitur yang sangat menopang kebutuhan bagi para content creator, seperti penambahan End Screen, Translation, Subtitle serta yang lain.
tapi di Dailymotion masih belum memberikan banyak fitur untuk mendukung video-video yang sudah di unggah, di Dailymotion hanya tersedia fitur-fitur dasar seperti Subtitle, untuk fitur-fitur lainnya saat ini masih belum tersedia. semoga kedepan bisa lebih banyak lagi. 


Kekurangan YouTube VS Dailymotion

1. Aturan Ketat VS Permisif Pada Kesalahan
Siapa yang tidak meng-iyakan bahwa bermain video di YouTube itu jauh dari rasa was-was!? pasti semua content creator menyetujui pernyataan saya tersebut, aturan yang diberlakukan di YouTube sangat ketat atau bahkan bisa dibilang bisa lebih kejam dari itu.
Pelanggaran Copyright serta Pelanggaran Komunitas adalah aturan yang harus betul-betul difahami serta sebisa mungkin dihindari. namun pada kenyataan-nya, meski banyak sekali content creator yang sudah menjauhi kedua larangan tersebut, masih saja bisa terkena dampak buruk-nya, seperti suspend dan yang lain.

Lain dengan Dailymotion, yang amat sangat permisif terhadap kesalahan. bila anda bermain di Dailymotion, maka akan sangat sering merasakan betapa sejuk-nya aturan disana. bukan berarti Dailymotion tidak menerapkan aturan, mereka juga menerapkan aturan yang kurang lebihnya sama, namun peng-eksekusiannya tidaklah sekejam yang diberlakukan seperti YouTube yang cenderung lebih terkesan otoriter serta ngawur. jadi kesimpulan saya, jika anda mempunyai ciri-ciri sebagai orang yang cenderung jantungan dan suka mikir... Dailymotion adalah solusi tepat untuk anda gunakan.

2. Menunggu PIN VS Instan Earning
Menjadi publisher google yang berkorelasi dengan Adsense, pasti untuk tahap awal agar pembayaran bisa payout, dibutuhkan proses verifikasi, salah satunya melalui pengiriman PIN dari pihak Google ke pihak publisher, setelah proses verifikasi ini selesai, maka proses selanjutnya kita diharuskan untuk memverifikasi nomer rekening bank yang kita gunakan untuk tempat penyimpanan pundi-pundi hasil earning di adsense. langkah ini menurut saya cukup panjang. bahkan bisa membuat publisher stress apabila PIN tidak kunjung dikirim ke alamat rumah publisher.
Lain dengan Dailymotion, setelah kita mendaftar, maka kita hanya mengunggah video-video kita sembari menunggu persetujuan monetisasi, dalam pengalaman saya, persetujuan monetisasi ini membutuhkan hanya beberapa hari setelah memverifikasi channel yang sudah kita buat melalui email. setelah itu video-video yang sudah kita unggah sudah bisa dimonetisasi dan langsung melakukan proses pemilihan transfer hasil earning ke rekening bank kita, atau menggunakan metode yang lain.

3. Satu Metode Payout VS Tiga Metode Payout
Dalam sistem Adsense, saat ini hanya melakukan pembayaran ke pihak publisher menggunakan metode Wire Transfer ke rekening bank, sedangkan di Dailymotion, metode pembayaran terdapat tiga cara, bisa melalui Wire Transfer & Mastercard debit pra bayar yang kedua-nya didukung oleh Payoneer, serta yang ketiga adalah Paypal.
Sehingga dengan ketiga pilihan metode pembayaran ini akan lebih memudahkan publisher dalam memilihnya.

4. YouTube menggunakan iklan sendiri VS Dailymotion menggunakan iklan Adsense
Saya sendiri terkejut, awal mulanya saya mengira di Dailymotion menggunakan iklan yang diambil dari jaringan iklan-nya sendiri. setelah saya cermati, Dailymotion menggunakan iklan dari pihak Google Adsense. jadi bisa kita perhitungkan, bahwa pada posisi sebagai publisher bisa dikatakan sebagai tangan kedua. tentu hasil earning yang didapat akan lebih kecil, terlebih sampai saat ini, saya belum menemukan hitungan pasti... berapa earning per seribu tayang dan lain-lain yang diterapkan oleh pihak Dailymotion ke para publisher.

Nah, dari kelebihan serta kekurangan yang sudah saya sebut diatas, setidaknya bisa memberikan gambaran pada anda sebelum mencoba bermain di Dailymotion, ataupun bagi anda yang belum pernah mencoba kedua-nya, setidaknya akan lebih mudah lagi untuk memilih yang sesuai dengan keinginan.
YouTube mempunyai kelebihan serta kekurangan seperti yang tertulis diatas, begitupun juga dengan Dailymotion. tentu... kelebihan serta kekurangan diatas bukanlah ketetapan yang berlaku selamanya, saya meyakini kekurangan apa yang dimiliki di Dailymotion, kelak bisa menjadi berkurang atau mungkin juga akan bertambah. selain dipicu dari sisi persaingan, sistem apapun akan selalu mendapat pembaruan layaknya seperti yang ada pada YouTube di era-era dahulu.

Salam...

0 comments