Mencari MCN Youtube Terpercaya Sebagai Mitra Kerja YouTube Content Creator

tipskunci-cara memilih mcn youtube terpecaya
TipsKunci - Siapapun anda sebagai seorang YouTuber, tentu pernah mendengar mengenai apa itu Join dengan YouTube MCN Network. apa manfaat bergabung dengan YouTube MCN? serta pertanyaan-pertanyaan yang lain.
MCN adalah kependekan dari Multi Channel Network. yang mana MCN ini didirikan oleh semacam instansi yang menjembatani para Content Creator di YouTube untuk bisa membantu mereka agar bisa mencapai pada level yang lebih tinggi.
Namun sudah pasti, seorang Content Creator YouTube yang bergabung dengan MCN harus mematuhi perjanjian kontrak kerja yang harus dipatuhi dengan pihak MCN.

Baca juga : Solusi mengatasi ikon dollar pada video yang terdisable tiba-tiba

Apa keuntungan bergabung dengan MCN Youtube?

Youtuber yang sudah bergabung dengan MCN sudah seharusnya bisa saling menguntungkan antara pihak Content Creator dengan pihak MCN itu sendiri. terlebih dari pihak MCN-nya. karena tugas dari MCN itu adalah membantu pihak content creator untuk bisa mengangkat video-video client-nya.
Setidaknya ada beberapa point yang bisa saya ambil point-point tugas dan tanggung jawab MCN kepada anggota-anggota-nya, diantaranya:
  1. Membantu mempromosikan video-video anda.
  2. Membantu hal-hal tehnis terkait optimisasi video anda. termasuk menyediakan fasilitas audio material royalti free dan lain-lain.
  3. Membantu memberikan perlindungan Content ID terhadap video-video anda dari pihak re-uploader.
  4. Membantu pihak Content Creator untuk terhubung dengan pihak advertiser yang bisa mengontrak anda untuk mempromosikan produk-produk-nya kedalam video-video anda.
  5. Membantu menaikkan CPM (Cost Per Mille) pada video-video anda, sehingga earning anda akan lebih baik dibanding sebelum bergabung dengan MCN.
  6. Bagi hasil earning yang lebih tinggi dibanding bagi hasil dengan pihak Google Adsense.
  7. Bisa melakukan Payout tanpa harus menunggu ambang mencapai 100 dollar seperti yang di terapkan Google Adsense.
Dari point diatas tentu anda sudah bisa menilai, apakah anda perlu bergabung dengan MCN atau tidak. namun agar bisa bergabung dengan MCN, tentu diperlukan syarat-syarat yang harus dipenuhi oleh pihak Content Creator, dan dalam tiap-tiap MCN mempunyai syarat-syarat yang kadang juga tidak sama. namun pada umumnya mereka mensyaratkan beberapa hal yang harus bisa dipenuhi, misal berapa banyak video anda di tonton dalam sehari, sebarapa banyak subcriber pada channel YouTube anda, dan apakah channel anda tidak dalam kondisi terkena sanksi copyright ataupun sanksi komunitas. pada intinya persyaratan yang di ajukan oleh pihak MCN ada pada point-point tersebut.

Apa kekurangan bergabung dengan pihak MCN?

Berikut ini point-point kekurangan bergabung dengan MCN:
  1. Sama halnya dgn Adsense, Earning anda akan terkena potongan dengan pihak MCN
  2. Harus mematuhi kontrak, serta perjanjian yang sudah tertulis dikala awal pertama kali anda bergabung.
  3. Ancaman MCN Scammer yang suatu saat tidak membayar penghasilan YouTube anda.
  4. Sama sekali tidak membantu mempromosikan karya-karya video anda atau sama sekali tidak menjalankan tanggung jawab sebagai mana mestinya.
Jika hanya mengajukan diri untuk bergabung dengan MCN adalah gratis, namun bila mana anda sudah diterima dan tergabung dengan MCN, maka penghasilan anda akan dikenai potongan.
Seperti yang sudah saya sebut pada point-point keuntungan bergabung dengan MCN diatas, namun rata-rata, pihak MCN memberikan porsi bagi hasil yang besar ke pihak content creator. nilai-nya bervariasi, ada yang menggunakan sistem bagi hasil 70:30, ada yang 80:20 bahkan hingga 90:10. jika dibandingkan dengan sistem bagi hasil dengan Adsense yang menggunakan sistem bagi hasil 68% kepada pihak Creator, tentu bergabung dengan MCN bisa dijadikan pilihan.

Namun juga perlu di ingat, ada pula pihak MCN yang memberlakukan perhitungan bagi hasil yang cukup mencekik hingga 40:60. 40% untuk anda dan sisa 60% untuk pihak MCN. biasanya MCN yang memberlakukan bagi hasil seperti ini adalah MCN yang mau menerima content creator / channel-channel youtube yang masih kecil dan belum mempunyai banyak subscriber. dan terkadang mereka juga menawarkan sistem bagi hasil yang independen, tidak mutlak 40:60, bisa jadi sistem bagi hasilnya menjadi 90:10. entah atas pertimbangan apa. yang umum menerapakan sistem seperti ini adalah MCN Freedom.

sistem bagi hasil pendapatan youtube dengan adsense
Bagi hasil Google Adsense

Dan ancaman yang paling menakutkan adalah ancaman MCN scammer yang mana bisa kapan saja tidak membayar penghasilan anda. tentu hal seperti ini tidak di inginkan oleh pihak Content Creator. sehingga hasil jerih payah anda dalam memproduksi video tidak mendapatkan apa-apa sama sekali.
Ada cukup banyak content creator yang menyesal setelah bergabung dengan MCN karena uang gaji mereka tidak dibayarkan, dan bahkan ada pula yang bercerita tiab-tiba kontrak diputus sebelum tanggal turun gaji. tentu ini menakutkan sekali.
Maka dari itu diperlukan ke hati-hatian untuk memilih MCN yang layak dan bisa dipercaya agar ikatan kerja sama anda dengan pihak MCN bisa terjalin baik serta saling menguntungkan.

Solusi mencari MCN YouTube Terpercaya

Banyak para YouTuber yang tidak berhati-hati dalam men-seleksi MCN yang akan diajak sebagai partner. mungkin bisa dikarenakan faktor iming-iming atau yang lain.
Sebetulnya ada metode mudah untuk mencari Certified MCN Network dari pihak YouTube. dan itu pun sudah disediakan oleh pihak Google, dan ini bisa anda manfaatkan untuk mencari daftar-daftar ataupun nama MCN yang akan anda pilih sebelum bergabung dengan mereka. sehingga setidaknya ada rasa aman bagi anda. pihak Google akan selalu menerima laporan-laporan dari pihak content creator yang pernah menjadi MCN Scammer, sehingga MCN Scammer tersebut bisa jadi menjadi MCN yang tidak masuk pada daftar Certified MCN. dan bisa jadi memutuskan mereka sebagai provider dengan pihak Google / YouTube.
Untuk mencari daftar MCN yang terpercaya, buka tautan dibawah ini, dan cari nama MCN yang akan anda jadikan mitra kerja anda:


Rangkuman

Setelah anda mengetahui apa keuntungan serta kekurangan bergabung dengan MCN, saya rasa kini anda sudah bisa mengambil kesimpulan. selain itu pada tulisan diatas bisa memberikan gambaran solusi untuk mencari daftar MCN yang terpercaya untuk anda jadikan mitra kerja anda.
Penulis sendiri sampai saat ini belum pernah bergabung dengan pihak MCN karena beberapa alasan.
tapi tentunya anda mempunyai pilihan sendiri. dengan berbekal pengetahuan diatas, harapan-nya adalah bisa memberikan gambaran jelas tentang apa itu MCN, apa keuntungan serta kekurangannya.
Semoga tulisan ini bisa berguna bagi anda yang mungkin bingung ingin bergabung dengan MCN ataupun tetap memilih menggunakan Google Adsense. dan pilihan ada di tangan anda sendiri.
Sampai jumpa di artikel mengenai Tips Youtube di episode selanjutnya.

Baca juga : Tips dan Trik Optimasi YouTube Untuk Meningkatkan Earning Adsense

0 comments