Ini Dia! 7 Powerfull Video Editor Gratis & Cross Platform

7 Video Editor Powerfull GRATIS - Untuk Semua Sistem Operasi
Tips Kunci - Halo sobat Kunci semua, kali ini Tips Kunci akan membagi informasi mengenai daftar aplikasi Video Editor yang cukup Powerfull, Multi Platform serta yang lebih penting lagi Gratis.
Sehingga bagi kalian yang ingin mempunyai aplikasi video editor gratis bisa terpenuhi.

Daftar aplikasi video editor yang akan dibahas ini mendukung sistem operasi apapun, meski tidak semua tersedia, tapi setidaknya aplikasi dibawah ini sangat layak untuk di coba dipakai. ada yang menyediakan untuk sistem operasi Windows, Mac bahkan Linux.

Koleksi video editor dibawah ini mempunyai fitur yang tidak bisa dibilang remeh lho. rata-rata menggunakan basis Non Linear Editor (NLE). dengan dasar NLE itu sehingga kalian bisa mengatur komposisi video dengan lebih mudah. selain itu fitur efek-efek yang disediakan juga sudah sangat mencukupi untuk digunakan kebutuhan editing, seperti efek pewarnaan, chroma key, dll.

Bila kalian seorang YouTuber, atau bahkan seorang penghobi video editing semi pro bahkan boleh dibilang pro, maka tak ada salahnya untuk mencari salah satu dari beberapa video editor berikut yang bisa dipilih sebagai alternatif.

Apa saja video editor tersebut? simak dibawah ini (Urutan aplikasi tidak menentukan siapa yang paling baik).

1. HitFilm Express 4

hitfilm express
Siapa yang tidak mengenal software video editor yang satu ini. HitFilm Express dibuat untuk versi gratis. pada versi ini ada beberapa fitur yang tidak disediakan secara lengkap, seperti efek particle, namun untuk bisa mendapatkan efek tersebut, kita bisa membelinya secara terpisah.

HitFilm Express maupun HitFilm Pro Ultimate merupakan sebuah video editor yang memadukan antara video editor dan video compositing dalam satu paket. bisa di ibaratkan seperti perpaduan antara Adobe Premiere dengan Adobe After Effects, namun dikemas dalam satu software.
inilah kelebihan yang layak untuk kalian coba tanpa harus memasang aplikasi video editor dan video compositing secara terpisah.

Namun jangan salah, dengan HitFilm Express, fitur fitur canggih-nya masih tetap bisa kita gunakan.
Seperti kemampuan menambahkan object 2D hingga 3D dll.

Fitur-fitur:
  • 2D and 3D effects compositing
  • Over 180 visual effects
  • Editor with transitions & unlimited tracks
  • Fitur dan spesifikasi lengkap, bisa kalian lihat disini -> HitFilm Express Specs.
Tersedia untuk pengguna OS Windows serta Mac (tidak tersedia untuk Linux OS).
Bila kalian ingin menggunakan versi yang lebih powerfull, maka kalian bisa menjatuhkan pilihan ke versi HitFilm Pro Ultimate. bundle yang disediakan sudah cukup lengkap.

Untuk mendownload HitFilm Express, kalian bisa mengunjungi tautan dibawah ini, siapkan akun email untuk meregistrasi kan diri, setelah itu tautan download bisa anda dapatkan.


Direct Download

2. Blender

Blender video editor
Blender merupakan aplikasi 3D Editor yang juga mempunyai fitur video editor yang cukup powerfull.
bila kalian sangat menyukai dunia 3D design dan sekaligus memanfaatkan fitur video editor-nya. maka Blender adalah pilihan yang sangat tepat.
Aplikasi Blender merupakan aplikasi Open Source yang mana siapapun bisa menggunakan-nya dengan gratis.
Dan kalian juga tidak perlu khawatir, karena Blender tersedia untuk sistem operasi Windows, Mac maupun Linux.

Untuk fitur pada Video Editornya, Blender menawarkan fitur fitur dibawah ini:
  • Live preview, Luma Waveform, Chroma Vectorscope and Histogram Displays
  • Audio mixing, Syncing, Scrubbing and Waveform Visualization
  • Up to 32 slots for adding video, images, audio, scenes, masks and effects
  • Speed control, Adjustment layers, Transitions, Keyframes, Flters and more.
Belum lagi tambahan fitur 3D editor lain-nya, tentu akan menantang kalian untuk bisa memaksimalkan semua fitur yang ada untuk menghasilkan video animasi yang cukup menarik.

Untuk mendownload, klik tombol dibawah ini:


3. Davinci Resolve 12

davinci resolve
Video editor ini lebih mengutamakan color grading, sehingga kalian akan bisa menemukan efek-efek pewarnaan yang lebih detil agar bisa menghasilkan warna video yang lain daripada yang lain.

Namun bukan berarti kalian tidak akan menemukan fungsi-fungsi penting lain-nya yang wajib dipenuhi oleh kebutuhan video editing. namun dengan Davinci Resolve, kalian lebih dimanjakan dengan fitur-fitur pewarnaan yang bisa dibilang advance.

Aplikasi ini terdapat dua jenis, Davinci Resolve adalah versi free, sedangkan Davinci Resolve Studio adalah versi berbayar.

Untuk spesifikasi serta fitur-fitur-nya, kalian bisa melihat komparasi-nya dibawah ini, antara versi free dengan versi studio:


Bila kalian tertarik dengan video editor ini, klik saja tautan download dibawah, geser hingga kebawah, pilih dan sesuaikan dengan sistem operasi yang kalian gunakan. tersedia untuk Windows, Mac serta Linux.


4. Shotcut

shitcut video editor download
Shotcut merupakan video editor opensource, selain full gratis dan juga tersedia untuk sistem operasi Windows, Mac serta Linux.
Satu kata untuk video editor yang satu ini adalah "BADASS!". dengan lisensi gratis, kalian benar-benar akan dimanjakan fitur-fitur video editing layaknya video editor premium.
Jujur TipsKunci seolah kehabisan kata-kata dengan fitur yang disediakan oleh Shotcut ini. benar-benar meng-obral fitur, sehingga akan memaksimalkan para pengguna-nya.

Dari sisi interface tidak jauh berbeda dengan video editor yang lain. dan juga mengusung basis NLE, sehingga bisa memberikan kemudahan.
Untuk fitur-fitur terlalu banyak jika diulas disini. mulai dari dukungan 4K Video, Video effect & Audio effect melimpah serta fitur fitur lainnya yang tidak bisa dianggap remeh..!!

Shotcut memberikan aplikasi gratis kepada kalian tanpa ada batasan. sehingga menurut TipsKunci, video editor ini sungguh sangat wajib untuk kalian coba. Penasaran kan? klik aja tombol download dibawah untuk melihat fitur-fitur serta tautan download-nya:


5. Lightworks

lightworks video editor download
Lightworks juga menjadi aplikasi video editor alternatif yang bisa dicoba. dan juga tersedia untuk semua sistem operasi dari Windows, Mac hingga Linux.
Namun pada versi gratis, kalian tidak akan mendapatkan banyak fitur seperti pilihan export video 4K dan jenis format yang lain. untuk versi gratis, kalian hanya bisa mendapatkan format video untuk YouTube dan Vimeo.

Namun bila kalian hanya sekedar pengguna standar terlebih lagi aktif sebagai YouTuber, tak ada salahnya menggunakan versi gratis-nya.
menurut yang dirilis oleh situs resmi Lightworks, video editor ini juga mendukung plugin Borris FX.
masih belum jelas, apakah fitur ini juga tersedia untuk versi gratisnya.

Bila kalian ingin mencoba Lightworks Free Edition, klik aja tombol download dibawah ini dan sesuaikan dengan sistem operasi yang kamu pakai:


6. OpenShot

OpenShot Video Editor Download
OpenShot merupakan video editor kecil-kecil cabe rawit. selain full free sotware, aplikasi ini mendukung untuk semua sistem operasi, jadi kalian tidak perlu risau dengan sistem operasi yang sedang kalian gunakan, mau Windows, Linux ataupun macOS tersedia semua. sehingga kalian bisa lebih mudah menggunakan-nya pada sistem operasi mana pun.

Tampilan UI-nya hampir mirip dengan Windows Movie Maker, namun jangan salah... fitur yang disediakan mampu melibas habis Windows Movie Maker sejauh-jauhnya. bila Movie Maker merupakan video editor linear, OpenShot justru mengusung NLE yang tidak terbatas.
Selain itu fitur yang disediakan cukup menjanjikan, seperti template animasi-animasi 3D FX yang cukup berkelas, sehingga orang tidak akan mengira hasil 3D animasi FX yang dihasilkan tersebut berasal dari aplikasi yang simple ini. yang lebih menambah nilai plus lagi adalah, OpenShot juga mendukung editing video 4K. sehingga kalian masih bisa memaksimalkan kamera 4K kalian.

Aplikasi ini sangat layak untuk kalian gunakan sebagai alternatif, selain simple dan ringan. OpenShot memberikan fitur-fitur animasi 3D yang cukup menarik. sulit menemukan aplikasi video editor gratis dengan tambahan fitur animasi seperti ini.

Untuk Mendownload, klik saja tombol download dibawah ini, lalu pilih sesuai dengan sistem operasi yang kalian gunakan:


7. Kdenlive

kdenlive video editor download
Kdenlive merupakan video editor gratis yang dulunya sangat populer di lingkup sistem operasi Linux. namun seiring perkembangan waktu, aplikasi ini kini juga tersedia untuk Windows dan Mac.
Namun untuk pengguna Mac akan sedikit merasa kecewa, karena untuk proses pemasangannya harus melalui Macports, dan selain itu, menurut informasi di situs resmi Kdenlive, versi untuk Mac masih belum ter-update.

Fitur-fitur yang disediakan oleh Kdenlive juga tidak main-main. pada Kdenlive kalian sudah bisa mendapatkan video editor berbasis NLE, selain itu juga terdapat banyak fitur fitur menarik lain-nya.
seperti animasi 3D, efek video dan audio yang juga cukup menarik dan banyak pilihan efek. sehingga bisa mendukung kreatifitas kalian dalam mengedit video.

Untuk mendownload serta melihat fitur-fitur lengkapnya, klik saja tombol download dibawah ini:


Kesimpulan

Setelah kalian mendapatkan referensi dari daftar video editor diatas, seharusnya kalian sudah tidak perlu bingung lagi untuk mencari video editor gratis namun mempunyai fitur yang sangat mumpuni.
Kamu bisa mencoba satu-persatu atau bisa langsung menjatuhkan pilihan pada salah satu video editor tersebut.

Jika TipsKunci bisa memberikan saran, bila kalian ingin merasakan kemudahan dalam mengedit video, pilih lah OpenShot video editor, karena menurut kami aplikasi tersebut cukup simple dan mudah dipahami.

Namun bila ingin menggunakan yang lebih advance lagi, maka bisa menjatuhkan pilihan ke HitFilm Ultimate, Blender, Davinci Resolve, ShotCut atau Kdenlive.
Sedangkan untuk Lightworks, mengingat pada versi gratis terlalu banyak fitur yang di batasi, jadi menurut TipsKunci, aplikasi ini bisa anda kesampingkan. karena masih banyak alternatif video editor gratis yang memberikan fitur-fitur premium seperti yang di sajikan oleh Shotcut video editor.

Akhir kata, semoga artikel ini bisa bermanfaat serta membantu kalian yang masih bingung mencari video editor gratis dan powerfull.
Bila ada update aplikasi sejenis yang gratis dan cukup powerfull, nanti akan kami update.

Sampai jumpa di edisi yang lain.

0 comments